Ingat Guys, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Khusus Jarak Jauh Non Stop

10/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ingat Guys, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Khusus Jarak Jauh Non Stop
Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek tidak memiliki rest area dan pintu gerbang keluar di tengah-tengah. Ini yang penting diperhatikan bagi para pengendara!

Pembukaan Tol Layang Jakarta Cikampek atau Tol Jakarta Cikampek II (Elevated) tinggal menunggu waktu. Rencananya tanggal 20 Desember 2019 jalan tol layang ini bisa digunakan, mundur dari rencana sebelumnya tanggal 15 Desember 2019. Bagi masyarakat yang ingin berlibur saat Natal dan Tahun Baru ke timur Jakarta juga bisa melewati tol ini.

Foto udara Jalan Tol Jakarta Cikampek II Elevated

Ada Japek II, jalan tol di Jakarta makin banyak

>>> Perlu Anda Ketahui, Hindari Penggunaan Teknik Slipstream di Jalan Tol

Beberapa hal perlu dan sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi trouble saat di perjalanan.

  • Pertama; perlu diketahui Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek adalah tol layang terpanjang di Indonesia yaitu 36,4 km yang dimulai dari Cikunir hingga Karawang Timur.
  • Kedua; tidak ada gerbang keluar selain di ujung barat Cikunir dan ujung Timur. Artinya, tol layang ini lebih diperuntukkan buat pengendara yang ingin menempuh perjalanan jauh non stop ke arah Bandung, atau ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bagi yang ingin menempuh perjalanan pendek tetap lewat Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. Kalau terjadi salah masuk, mau tidak mau perjalanan harus dilanjutkan hingga keluar di Karawang Timur sebab tak ada area putar balik di tengah-tengah.
  • Ketiga; tidak ada rest area di sepanjang lintasan untuk istirahat atau isi BBM. Jadi, sebelum masuk tol layang pengendara harus memastikan bahan bakar dalam kondisi mencukupi agar tidak terjadi masalah besar di tengah perjalanan.
  • Keempat; kecepatan dibatasi 60 km per jam. Hal ini untuk meminimalisir risiko akibat hambatan angin di ketinggian yang membuat mobil terdorong ke salah satu arah.

Dibukanya Tol Layang Jakarta Cikampek jelang libur Natal dan Tahun Baru juga bakal jadi bahan evaluasi seberapa besar benefitnya dalam mengurai kemacetan di tol bawah. Begitu juga akan jadi bahan evaluasi terhadap hal-hal penting lain yang perlu dilengkapi atau masalah-masalah yang perlu di antisipasi.

>>> Libur Natal dan Tahun Baru 2020, Ini Daftar Tol Yang Gratis

Foto pemandangan kemacetan di jalan tol

Kehadiran Tol Layang Japek II diharapkan mengurangi kemacetan di jalan tol bawah

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) juga sudah menyampaikan informasi terkait beberapa hal teknis yang dibutuhkan seperti rambu-rambu lalu lintas, penerangan jalan, marka penanda jalan, unit-unit pelayanan lalu lintas seperti ambulance, kendaraan patroli, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR), hingga skenario-skenario tindakan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rencana ke depan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek bakal dilengkapi empat emergency parking bay, dua buah di jalur meninggalkan Jakarta dan dua buah di jalur menuju Jakarta. Sedangkan untuk keadaan darurat tol ini dilengkapi delapan bukaan atau U-turn lengkap dengan tangga darurat.

"Jika ada insiden besar, nantinya pengguna jalan bisa menggunakan u-turn tersebut dengan arahan dan pengaturan dari petugas di lapangan," tutur Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono belum lama ini.

>>> Simak juga berita terkini lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Lihat juga

Waspadai Derek Liar di Jalan Tol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya

03/12/2019

Pengemudian

3 menit

Derek liar menyasar mobil-mobil mogok di jalan tol demi mendapat banyak keuntungan. Agar tidak jadi korban, begini saran polisi untuk mengetahui dan menghindarinya.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Lihat juga

Begini Kondisi Jalan Tol Cikampek Jelang Mudik 2019

31/05/2019

Pengemudian

2 menit

Mudik atau pulang kampung jelang Hari Raya Idul Fitri masih menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia. Penggunaan jalur darat khususnya memakai mobil pribadi pun diprediksi meningkat tahun ini. Cintamobil berkesempatan melalui jalan tol Cikampek yang menjadi jalur mudik setiap tahunnya. Bagaimana kondisinya saat ini?

Lihat juga

H-6 Lebaran, Tol Jakarta-Cikampek Dipadati 24.618 Kendaraan

30/05/2019

Pasar mobil

2 menit

Arus mudik Lebaran 2019, mulai dilakukan hari ini oleh berbagai kalangan masyarakat. Situasi Tol Jakarta-Cikampek misalnya, tampak dipadati oleh aktivitas pemudik sejak dini hari tadi. Rest Area pun menjadi penuh sehingga banyak kendaraan lain tampak menepi di bahu jalan.

Lihat juga