Informasi Platfrom Baru BMW New Class Mulai Terkuak

04/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Informasi Platfrom Baru BMW New Class Mulai Terkuak
BMW New Class akan jadi platform baru yang bakal digunakan BMW untuk jajaran mobil masa depan mereka. Dan beberapa kelebihan plaform anyar ini sudah terkuak.

Beberapa waktu lalu, BMW memang sudah mengumumkan jika satu dari beberapa strategi yang mereka siapkan untuk masa depan adalah memperkenalkan "Neu Klasse" yang dalam bahasa Jerman artinya New Class. BMW New Class ini akan menjadi platform baru untuk jajaran model yang dikeluarkan pabrikan Jerman tersebut.

Kini informasi terkait BMW New Class pun seikti demi sedikit mulai terkuak. Dan kabarnya, platform baru ini bakal diterapkan untuk seluruh lini produk BMW, baik untuk mesin bakar, maupun yang menggunakan motor listrik.

>>> BMW Rakit MINI Countryman Baru di Jerman, Siapkan Varian EV

Akan Gantikan Dua Platform BMW Saat Ini

BMW Seri 5

New Class akan jadi platform baru BMW

Automotive News melaporkan, jika BMW New Class akan menggantikan dua platform yang selama ini dipakai BMW. Yaitu platform UKL yang diaplikasikan untuk beberapa mobil compact BMW seperti MINI Clubman, BMW Seri 2, dan BMWX1. Serta platform CLAR yang selama ini dipakai untuk BMW Seri 5, BMW Seri 7, BMW X5, dan BMW X7.

Platform baru itu juga disebutkan oleh pihak BMW akan kompatibel dengan mesin bensin, diesel, hybrid, hybrid plug-in, serta mesin full electric. Tentunya ini akan menjaid langkah besar bagi BMW Group untuk dimasa yang akan datang.

Platform baru ini juga secara default menggunakan sistem penggerak rod abelakang. Namun apabila membutuhkan penggerak roda depan, maka bisa diaktifkan juga sehingga bsia berubah di penggerak All Wheel Drive. Dan diprediksi, semua model bermesin listirk dari BMW akan memakai sistem penggerak empat roda.

>>> Mengenal Sistem Penggerak Mobil yang Banyak Dipakai di Indonesia

Lebih Arodinamis dan Interior Lebih Lapang

BMW i4 Electric

BMW juga siapkan model berbahan hidrogen dengan platform ini

>>> Preview Toyota Mirai 2015: Tonggak Masa Depan Dunia Otomotif Berbahan Bakar Hidrogen

Informasi berikutnya yang berhasil terkuak dari platform ini adalah desain mobil akan dibuat lebih aerodinamis. Namun di sisi lain, ruang interior juga jadi lebih lapang. BMW pun telah mengkonfirmasi kalau seiring berjalannya waktu, platform baru tersebut memungkinkan pihaknya merekayasa ulang sistem operasi mobil dengan mudah sehingga bisa menekan biaya produksi.

BMW juga berniat memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen menggunakan platform baru ini. Itu sejalan dengan target perusahaan yang mulai tahun 2030 separuh dari produknya adalah menggunakan baterai listrik. Meskipun untuk menjadikan platform New Class ini benar-benar nyata butuh waktu lebih dari semalam, namun rasanya layak untuk menunggu apa yang akan dilakukan BMW terhadap platform barunya itu.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top