[INFOGRAFIK] Bangkitnya Kejayaan Otomotif Vietnam Lewat VinFast

20/10/2018

Pasar mobil
Belum lama ini, VinFast sebagai perwakilan perusahaan otomotif nasional Vietnam, meluncurkan produk terbarunya di acara Paris Motor Show 2018. Sebagai sesama negara Asia, VinFast melaju sendirian yang siap menghadapi kompetitor ternama internasional. Segala persiapan dihadirkan mulai dari desain khas Eropa, performa mesin BMW dan hal mengesankan lainnya.

Persiapan sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu yang mana VinFast menghadirkan proyek besar-besaran di area pabrikan Hai Phong, Zona Ekonomi Dinh Vu-Cat Hai. Dari segala lini, VinFast menyiapkan sektor-sektor penting sebut saja pabrikan utama, Research and Development (R&D), pemantauan kualitas produk dan sektor menarik lainnya. Di sisi lain, VinFast menyadari kompetitornya adalah Brand-Brand ternama internasional sehingga penerapan desain bodi modelnya bekerjasama dengan 4 studio terkenal di dunia termasuk Pininfarina asal Italia. Selama perjalanannya, tersedia 20 pilihan sketsa desain bodi terbaik yang nantinya diputuskan menjadi dua desain baik untuk model Sport Utility Vehicle (SUV) serta sedannya.

Infografik Pabrikan VinFast dimulai sejak tahun 2017 lalu

Infografik VinFast yang sudah memulai proyek besarnya di tahun 2017

>>> Bagian dari proyek ambisius Vietnam, bagaimana isi pabrik VinFast?

Terhitung pada 18 Januari 2018, VinFast menyelesaikan proyek mobil konsepnya bersama Pininfarina. Lebih daripada itu, pihak VinFast juga mengklaim tentang pembelian hak kekayaan intelektual dari BMW terutama dari lini mesin yang mana nantinya dapat dirakit secara lokal di pabrikan Vietnam. Lewat kebijakan tersebut, harga model terbarunya dipastikan lebih terjangkau karena terhindar dari proses impor komponen mesin melainkan merakitnya secara lokal.

Dua bulan berselang, akhirnya kabar baik yang ditunggu-tunggu hadir. VinFast secara resmi mengumumkan kedua model terbarunya kepada publik yakni model SUV dan sedan, tanpa menyebutkan nama resminya. Hal ini sontak mengagetkan segala pihak terutama di negara Asia. Hal ini pun terus mencuat hingga bulan Juni 2018 lalu yang semakin santer terdengar kabarnya. Menariknya lagi, pada tanggal 8 Agustus, tepat dengan 25th Anniversary VinFast Group, muncullah foto interior dari SUV VinFast. Hal tersebut juga dilanjutkan pada tanggal 6 September 2018 yang mana foto eksterior kedua model VinFast dihadirkan di Paris Motor Show.

Infografik VinFast Paris Motor Show 2018 hadirkan dua model terbaru

Infografik VinFast yang hendak meluncurkan dua model terbarunya di acara Paris Motor Show 2018

>>> Ketahui juga segala spesifikasi tentang Sedan VinFast LUX A2.0 2019, kami sudah melakukan review tentangnya

Karena strategi VinFast yang selalu berhasil membuat penasaran awak media internasional, akhirnya memunculkan banyak prediksi tentangnya. Terbukti pada akhir bulan September, salah satu media memprediksi mesin VinFast yang akan menerapkan spesifikasi dari BMW X5 serta 5-Series. Rasa penasaran pun akhirnya terjawab sudah pada tanggal 1 Oktober 2018 yang mana VinFast memberi nama pada model SUV-nya dengan sebutan VinFast LUX SA2.0 serta VinFast LUX A2.0 untuk model sedannya.

Infografik VinFast akan siap memasarkan modelnya di tahun 2019 tepatnya di negara Vietnam

Infografik VinFast yang rencananya akan memasarkan produknya di tahun mendatang

>>> Ketahui juga segala keunggulan tentang SUV VinFast LUX SA2.0 2019

Peluncuran resminya dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2018 di Paris Motor Show yang menghadirkan David Beckham sebagai salah satu tamu spesial. Selebrasinya juga dilakukan secara masif baik lewat media sosial, Youtube secara Live hingga di media-media otomotif lainnya termasuk Cintamobil.com. Rencananya, dua model VinFast ini akan dipasarkan di kuartal kedua 2019 mendatang di pasar otomotif Vietnam khususnya di bulan September tahun mendatang.

 
back to top