[INFOGRAFIK] 7 Perbedaan Mobil Balap Formula 1 2022 dengan 2021

22/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, berikut beberapa perubahan yang bisa ditemukan pada mobil balap Formula 1 2022 dan 2021 pada balapan tahun depan.

Resmi, FIA Formula 1 World Championship mengubah beberapa peningkatan dan perubahan dibandingkan edisi sebelumnya. Bertujuan untuk memberikan tontonan balapan yang mengasyikkan dan meningkatkan sistem keselamatan di dalam mobil. Berikut beberapa perubahan dan perbedaan yang ditemukan pada mobil balap Formula 1 2022 dibandingkan edisi sebelumnya.

1. Sayap Depan

Perubahan pertama yang langsung terlihat adalah desain sayap depan yang dibuat sangat berbeda. Perbedaan ini juga terlihat pada bagian ujung yang lebih ‘netral’ guna mengarahkan aliran udara dengan baik sehingga tidak mengganggu pengemudian. Yang lainnya yaitu menghilangkan ‘Y250 vortex’, yaitu pusaran yang berasal dari ujung bagian sayap depan dan mempengaruhi hingga ke bagian belakang.

2. Velg

Sangat mudah menemukan perbedaan yang diberikan pada velg. Jika dibandingkan dengan mobil tahun sebelumnya, mobil balap F1 2022 telah berganti menggunakan velg 18 inci yang lebih besar. Ubahan lainnya juga terlihat pada profil ban rendah untuk memberikan tampilan kontemporer dan agresif.

>>> Ketahui Lebih Dalam Soal Regulasi Baru F1 2022

3. Ban

Selain memberikan profil ban yang rendah, perbedaan lainnya adalah penggunaan penutup roda yang telah digunakan pada F1 sebelumnya. Tapi sekarang wajib bagi seluruh pabrikan untuk membantu menjaga aliran udara tetap bersih. Hal ini juga dibantu dengan penggunaan winglet over-wheel atau perangkat kontrol roda.

4. Sayap belakang

Dari segi bentuk, hanya ada sedikit kesamaan antara sayap belakang versi 2022 dan 2021. Bagian ujung yang digulung ke atas merupakan desain baru untuk menarik aerodinamika kendaraan ke atas mobil. Sehingga mengalirkan udara ke bagian atas, dibandingkan ke dalam mobil seperti yang terjadi pada edisi sebelumnya.

5. Lantai

Ada perbedaan bentuk yang jelas terlihat antara mobil F1 2022 dengan sebelumnya. Yaitu dengan adanya terowongan di bawah lantai yang mengalir, bukannya posisi lantai yang berundak. Hal ini memungkinkan mobil untuk menciptakan downforce melalui ground effect dan pada saat yang sama menghasilkan aliran udara yang lebih sedikit mengganggu untuk mobil di belakang.

>>> Begini Tampang Mobil Balap F1 2022

6. Bodywork

Terlihat jelas dari profil samping kedua mobil, edisi 2022 dibuat jauh lebih clean, terutama di area sekitar sisi kokpit, dimana Formula 1 menghilangkan furniture aerodinamika kendaraan yang awalnya digunakan untuk mengubah aliran udara sepanjang mobil. Dan kembalinya kisi-kisi keluar pendingin pada bodywork yang dilarang paska 2008 kembali digunakan.

7. Bobot

Mobil balap tahun depan mendapatkan ‘penggemukan’ dengan tambahan bobot 5%, naik dari 752 kg menjadi 790 kg akibat penambahan bobot velg yang lebih berat. Velg dan ban dibuat lebih berat 14 kg dibandingkan sebelumnya, tapi dirancang agar lebih tahan terhadap panas berlebih. Tambahan bobot termasuk sistem keselamatan yang lebih baik untuk melindungi pembalap.

>>> [INFOGRAFIK] Sejarah Safety Car Formula 1 dari Masa ke Masa

infografik mengenai pperbedaan mobil balap Formula 1 2022

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top