Fun Fact: Indonesia Sumbang Penjualan Terbesar Mitsubishi

01/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Indonesia disebut sebagai negara penyumbang terbesar penjualan global Mitsubishi, jauh di atas negara ASEAN yang lain juga unggul di atas negara benua lain.

ASEAN menjadi salah satu pasar inti Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Hal itu tak lepas dari kontribusi apik negara-negara di dalamnya, termasuk Indonesia. MMC bahkan mencatat Indonesia sebagai negara dengan penjualan terbaik dibanding negara ASEAN yang lain.

Penyumbang Terbesar Di Dunia

Tak hanya unggul di pasar ASEAN, Indonesia juga menjadi negara penyumbang terbesar penjualan global Mitsubishi. Hal itu terungkap dalam laporan terbaru MMC yang membahas Keuangan Perusahaan Pada Kuartal Pertama Tahun Fiskal 2021.

Disebutkan dalam laporan, ada tiga wilayah yang saat ini menjadi pasar inti sang tiga berlian, yaitu ASEAN, Australia dan Selandia Baru, serta Amerika Utara. Pada kuartal pertama tahun fiskal 2021 atau periode April-Juni, penjualan retail tertinggi di ASEAN ditempati Indonesia, yaitu sebanyak 26 ribuan unit. Disusul Thailand 11 ribuan unit, Filipina dan Vietnam masing-masing 8 ribuan unit.

Foto menunjukkan Data penjualan Mitsubishi di ASEAN

ASEAN salah satu pasar inti penjualan global brand ini

Di Australia dan Selandia Baru (NZ) penjualan mencapai 20 ribuan unit untuk Australia dan 5 ribuan unit untuk Selandia baru. Sedangkan di Amerika Utara mencapai 39 ribuan unit. Terlihat paling tinggi dibanding wilayah lain, namun itu bukan penjualan satu negara. Masih dibagi lagi untuk Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. MMC tidak menjelaskan detailnya untuk tiga negara tersebut.

>>> Mitsubishi Bocorkan Teaser Outlander PHEV Terbaru, Jadi SUV 7-Seater

Penjualan Mitsubishi Di Indonesia

Salah satu yang cukup memberikan dampak pada penjualan merek ini adalah relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah.

“Di Indonesia, XPANDER tidak hanya menikmati pembebasan pajak barang mewah, tetapi juga model andalan, seperti TRITON, yang menarik banyak permintaan karena permintaan pertambangan yang kuat, berkinerja baik.” tulis MMC dalam laporannya, (27/7/2021).

>>> Diskon PPnBM Diperpanjang, Mitsubishi Xpander Makin Laris

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Mitsubishi (seluruh model) sepanjang Januari-Juni 2021 sebanyak 47.937 untuk wholesales dan 47.781 unit untuk retail sales.

Foto menunjukkan Mitsubishi Triton 2021

Mobil ini pun semakin laris

Sedangkan penjualan di tiga bulan terakhir atau April-Juni sebanyak 26.183 unit untuk wholesales dan 26.397 unit untuk retail sales. Angka ini yang dijadikan acuan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan dipublikasikan secara global.

“Berbagai capaian yang diraih Mitsubishi Motors diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” kata Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura dalam keterangan resminya, Jumat (30/7/2021).

>>> Cari mobil Mitsubishi, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top