China Bikin SIM Digital Tahun Depan, Indonesia Bakal Menyusul

24/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Kabar terbaru dari Negeri Tirai Bambu menyebutkan bahwa mereka siap meluncurkan SIM digital dan akan dipakai di seluruh wilayah China mulai tahun depan.

Pemerintah di Negeri Tirai Bambu baru saja mengumumkan akan mengganti semua kartu SIM menjadi SIM digital. Peraturan baru ini rencananya akan dilakukan mulai tahun 2022 mendatang. 

Mulai tahun depan

Dilansir dari berbagai sumber, program ini sedang mendapatkan masa uji coba akan akan diberlakukan di seluruh wilayah China tahun depan. Pergantian SIM digital ini sejalan dengan keinginan pemerintah China untuk beralih ke era digital, termasuk memperkenalkan mata uang digital pada masyarakatnya.

SIM di China dengan bahasa China
SIM baru ini akan menggantikan kartu SIM di China

>>> Tragis, Banjir Besar di China Hancurkan 400 Ribu Mobil

Beberapa media menyebutkan bahwa juru bicara dari Kementerian Keamanan Publik China, Li Guozhon, pada hari Rabu (18/8/2021) lalu mengumumkan bahwa hampir 2 juta penduduk China telah memperoleh SIM digital sejauh ini. Program percontohan ini diluncurkan pada bulan Juni lalu di beberapa kota, seperti Tianjin, Chengdu, dan Suzhou.

Nantinya, China akan mengembangkan penggunaan SIM baru mulai tanggal 1 September 2021 mendatang. Percobaan akan mencakup 28 kota di seluruh penjuru China, dan menyasar kota-kota yang lebih padat, seperti Beijing, Shanghai, Jiaxing, maupun Guangzhou.

>>> Penjualan Wuling di China 60 Kali Lipatnya Indonesia

Daftar melalui aplikasi

Li lebih lanjut menegaskan bahwa SIM ini memiliki efek hukum yang sama dengan kartu SIM fisik. Bukan hanya untuk penanda bahwa Anda sudah diperbolehkan untuk mengemudi, SIM baru ini bisa digunakan untuk melakukan penyewaan kendaraan, mengajukan klaim asuransi, hingga menangani masalah pelanggaran lalu lintas.

jalan di China yang dipenuhi dengan mobil
Peraturan baru dipersiapkan untuk berlaku tahun depan

Sejalan dengan penggunaan SIM baru, pemerintah China juga telah meresmikan sebuah aplikasi seluler resmi Bernama “Traffic Management 12123” dan bisa diakses di seluruh negeri. Aplikasi ini yang akan menerima pendaftaran bagi penduduk yang ingin mendapatkan lisensi digital.

Pada kuartal pertama 2021, jumlahnya mencapai 489 juta orang, dimana 92% merupakan pengguna sepeda motor. Jumlah yang bisa dibilang tidak terlalu tinggi, mengingat total populasi di China saat ini mencapai 1,3 miliar penduduk.

Beda China, beda pula dengan Indonesia. Saat ini di Indonesia, para pengendara masih menggunakan SIM yang berbentuk kartu. Namun pihak kepolisian sudah memiliki rencana untuk mengintegrasikan SIM dengan aplikasi di ponsel. Jika nantinya diterapkan, tentu ini akan sangar membantu pengendara karena dengan membawa ponsel artinya SIM juga sudah ikut ada di dalamnya. 

"Kemudian menjadi SIM elektronik yang bisa disatukan di dalam gadget kita. Ini sedang dikembangkan. Jadi itu adalah rencana kami ke depan," ungkap Kapolri Jenderal Listyo Sigit beberapa waktu lalu. 

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top