Indonesia Bisa Produksi Massal Kendaraan Listrik Di Tahun 2025, Asal...

25/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Indonesia Bisa Produksi Massal Kendaraan Listrik Di Tahun 2025, Asal...
Belum terbitnya regulasi kendaraan listrik tak membuat keyakinan memudar. Menristekdikti, Mohamad Nasir optimis tahun 2025 mendatang Indonesia bisa memproduksi kendaraan listrik secara massal, asal syarat terpenuhi.

Perjalanan dan perkembangan kendaraan di Indonesia dibanding beberapa negara lain di dunia memang cukup tertinggal. Jika di negara lain kendaraan listrik sudah resmi dijual secara massal, di Indonesia masih harus menanti sampai regulasi kendaraan listrik benar-benar disahkan. Jika di negara lain mobil listrik sudah mulai jadi mobil sejuta umat, di Indonesia orang masih berfikir dua kali, terutama karena alasan harga yang mahal hingga ketersediaan infrastruktur.

Foto menujukkan Tesla Model 3 sedang diparkir di pelataran,

Tesla Model 3 sudah jadi mobil sejuta umat di Amerika

>>> Tesla Model 3 Yang Kian Meroket

Meski kondisinya demikian masih ada harapan besar kendaraan listrik bakal jadi barang produksi besar-besaran di tanah air hingga menjadi barang komersil. Hal tersebut diungkapkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di acara peluncuran mobil listrik Garuda karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). “Saat ini inovasi di bidang kendaraan listrik harus terus ditingkatkan. Saya berharap pada 2025 nanti kita sudah mampu memproduksi secara massal," ungkap Nasir, Sabtu (22/6).

Menteri Nasir memberikan apresiasi besar kepada UNY atas diluncurkannya mobil listrik Garuda yang dibuat mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik. Seperti keyakinannya di atas, Menteri berharap dengan terus berkarya dan berinovasi di masa mendatang UNY bakal menjadi World Class University, karya yang telah dihasilkan tidak hanya sebatas uji coba tapi bisa merambah ke dunia industri dalam arti bisa dikomersilkan.

Kemenristekdiki sendiri mengalokasikan dana untuk pengembangan riset di bidang kendaraan listrik yang hemat energi dan ramah lingkungan sebesar Rp 100 miliar setiap tahunnya.

>>> Mulai Bermunculan di Tanah Air, Ini Kekurangan Nyata Mobil Listrik

Foto menunjukkan suasana Peluncuran Mobil Listrik Garuda di UNY

Foto menunjukkan suasana Peluncuran Mobil Listrik Garuda di UNY

Inovasi terus dilakukan meski dalam keterbatasan

>>> Informasi seputar berita otomotif terkini hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top