Indeks Kecelakaan Lalu Lintas Indonesia Mengkhawatirkan

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Indeks Kecelakaan Lalu Lintas Indonesia Mengkhawatirkan
Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto dalam diskusi virtual mengatakan bahwa kecelakaan lalu lintas Indonesia mengkhawatirkan.

Indeks kecelakaan lalu lintas (lalin) Indonesia mengkhawatirkan. Ini terlihat pada naiknya fatalitas kecelakaan lalin sebesar 33% menjadi 12,4 pada 2018, dibandingkan 2009 yang hanya 8,6.

Gambar menunjukan Mobil di jalan

Keselamatan di jalan merupakan hal utama

>>> Studi: Fitur Ini Kurangi Angka Kematian Akibat Kecelakaan Hingga 50%

Persentase Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Lalin Meningkat

Itu artinya, pada 2018, dari 100 ribu penduduk, ada 12 orang meninggal akibat kecelakaan. Adapun pada 2009, dari 100 ribu penduduk, sembilan orang meninggal akibat kecelakaan. Indeks ini merujuk data Korlantas Mabes Polri dan Badan Pusat Statistik (BPS). 

"Namun, dari sisi kasus, terjadi penurunan 22,2% menjadi 7,4 dari  sebelumnya 9,3. Artinya, dari 10 ribu kendaraan ada sembilan kecelakaan pada 2019, sedangkan 2018 hanya tujuh kendaraan," ujar Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto dalam diskusi virtual 75 Tahun RI, Sudahkan Kita Merdeka di Jalan Raya, Selasa (29/9/2020). 

Edo menilai, dari data itu bisa disimpulkan, fatalitas meningkat setelah 
UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) berlaku. Ini menjadi perhatian semua pihak, termasuk industri otomotif selaku pemasok kendaraan. Sebab, di dunia, kecelakaan lalu lintas lebih mematikan dibandingkan kejadian lain. Sebagai contoh, kecelakaan lalin 21 kali lebih mematikan dibandingkan digigit ular. 

Gambar menunjukan perbaikan jalan

Penegakan aturan harus dilengkapi infrastruktur agar masyarakat mau patuh

>>> Hati-hati, Blind Spot Adalah Penyumbang Kecelakaan di Jalan Raya!

Menyebabkan Kemiskinan

Edo menegaskan, kecelakaan lalu lintas juga menyebabkan kemiskinan. Berdasarkan penelitian Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Polri, 62,5% keluarga korban meninggal dunia jatuh miskin, sedangkan 13% keluarga korban luka berat miskin, 7% dapat pulih, dan 67% tingkat kesejahteraannya turun. 

Dia menegaskan, Indonesia sudah mengalami bongkar pasang aturan lalu. Di era orde baru, ada UU No.14 tentang LLAJ, yang direvisi menjadi UU No 22 tahun 2009 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun pemerintahan Joko Widodo tengah menyiapkan revisi UU No. 22 tahun 2009 tentang LLAJ yang sudah masuk prolegnas. Pemerintah sekarang juga menyiapkan RUU Angkutan Daring. 

Edo menyarankan, penegakan aturan harus dilengkapi infrastruktur agar masyarakat mau patuh. Contohnya, dahulu, banyak kendaraan naik trotoar lantaran sisinya miring. Namun, hal ini sudah tidak terjadi begitu sisi trotoar dibuat tegak. 

"Dari pengamatan kami, untuk membangun budaya disiplin harus dipaksa juga dengan menutup celah pelanggar. Contoh, jika ada celah melawan arus, ada pelanggar yang masuk," tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Satu Ruas Jalan Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi

29/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga mengumumkan satu ruas jalan Tol Manado-Bitung, yaitu ruas Manado-Danowudu siap dioperasikan dalam waktu dekat untuk mendukung mobilitas masyarakat.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Ruas Jalan Margonda Depok Berlaku Mulai 1 November

28/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang berdomisili di kota Depok perlu diketahui bahwa mulai awal November 2020 tilang elektronik akan mulai diberlakukan di jalan Margonda.

Lihat juga

Udara Jakarta Masih Tak Sehat Meski Jalan Lengang karena PSBB Ketat

28/09/2020

Pasar mobil

3 menit

kebijakan PSBB ketat jilid 2 yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi DKI Sejak 14 September lalu nyatanya tidak membuat udara di Jakarta menunjukan membaik.

Lihat juga

Hati-hati, Mulai 27 September Ada Perbaikan Jalan Lagi di Tol Japek

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga melakukan pekerjaan perbaikan jalan di KM 25 dan KM 27 Tol Jakarta-Cikampek mulai 27 September hingga 2 Oktober. Pengendara sebaiknya berhati-hati.

Lihat juga

Fakta Menarik Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

26/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada sejumlah fakta menarik dari jalan Tol Pekanbaru-Dumai, jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual, pada Jum’at 25 September 2020.

Lihat juga
 
back to top