Incar Le Mans 24 Jam, Sean Gelael Beralih ke WEC Dengan JOTA LMP2

08/01/2021

Pasar mobil

6 menit

Incar Le Mans 24 Jam, Sean Gelael Beralih ke WEC Dengan JOTA LMP2
Pertanyaan ke mana Sean Gelael melanjutkan karier balap musim 2021 terjawab sudah. Setelah lima tahun di Formula 2, pembalap Indonesia beralih ke WEC LMP2 dengan tim JOTA.

Sean Gelael boleh saja menyudahi kariernya di Formula 2, namun semangat pembalap Indonesia itu untuk berlaga di pentas dunia sama sekali tidak sirna. Untuk tahun 2021, pembalap 24 tahun itu banting setir dari balap Open Wheel menuju balap ketahanan.

>>> Toyota Perkenalkan Mobil Balap LMH Tanggal 15 Januari, Tenaga 671 HP

Incar Le Mans 24 Jam, bukan hal baru bagi Gelael

Sean Gelael, yang merupakan pembalap Team Jagonya Ayam, gabung dengan tim JOTA, dan akan berlaga di ajang FIA World Endurance Championship (WEC).

Nantinya, Sean Gelael akan bertarung di kelas LMP2 dengan rekan satu tim Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist, dan akan coba menaklukan balapan dengan durasi yang sangat lama seperti Le Mans 24 jam, Spa-Francorchamps 6 Jam, atau Sebring 1.000 mil.

Kiprah Sean Gelael saat membela Extreme Speed Motorsport di Shanghai 6 jam 2016

Sean Gelael pernah satu kali naik podium WEC di Shanghai 2016

Bagi Sean Gelael, balap ketahanan bukanlah hal baru. Sean pernah mengikuti balapan Asian Le Mans Series pada tahun 2015-2016 dengan kemenangan di Sepang, Malaysia, dan Buriram Thailand.

Bahkan, ia pernah mengikuti beberapa balapan WEC LMP2 dengan Extreme Speed Motorsport tahun 2016, ditandemkan dengan Antonio Giovinazzi dan Blomqvist, Sean pernah sekali naik podium pada Shanghai 6 Jam mengendarai sasis Ligier JS P2.

“Saya sangat senang menatap 2021 ini, JOTA adalah tim dengan reputasi luar biasa dengan pembalap dan prestasi yang mengagumkan. Saya senang bisa menjadi bagian dari sejarah itu, dan berharap bisa sama berprestasinya dengan para pembalap JOTA lain,” ujar Sean Gealel dalam rilisnya.

“Saya berharap saya, Tom dan Stoffel bisa melakukan sesuatu yang spesial di musim ini sehingga nama JOTA selalu ada di barisan pemenang seperti selama ini.”

Ucapan Sean ada benarnya, JOTA memang bukan tim balap sembarangan, mereka pernah dua kali juara Le Mans 24 jam, yakni pada 2014 dan 2017 di mana kedua mobil JOTA finis 1-2. Untuk tahun 2020, mereka finis kedua di kategori LMP2 Le Mans 24 jam.

Mobil Jota Sport yang akan digunakan Sean Gelael di musim balap WEC 2021

Mobil Jota Sport yang akan digunakan Sean Gelael di musim balap WEC 2021

Tampilan mobil JOTA Sport yang akan digunakan Sean Gelael untuk WEC musim 2021

“Kami sangat senang mengumumkan Sean, Tom, dan Stoffel dalam program balap kami di 2021. Kami tertantang untuk meraih kemenangan, dan tentu saja gelar LMP2. Kualitas trio pembalap ini sudah menggambarkan betapa seriusnya kami semua di JOTA. Sebagai pembalap, Sean selalu ikut ajang papan atas dan dia sangat berdedikasi serta profesional,” papar David Clark, Co-Owner JOTA.

>>> WEC Rampungkan Regulasi ‘Hyper Sport’ Musim 2020-2021

Sekilas tentang WEC

FIA World Endurance Championship merupakan balapan ketahanan di mana jarak balapan ditentukan oleh waktu, misal seperti Le Mans 24 jam, atau bisa juga dengan jarak seperti Sebring 1.000 mil. Berbeda dari ajang balap seperti F1 atau F2, balap ketahanan menerapkan sistem multi-class, di mana dalam satu balapan ada beberapa kelas yang turut serta dan start bersamaan.

Foto mobil yang berlomba di Le Mans 24 jam 2019

Berbeda dari Formula 1, balapan endurance seperti WEC bersifat multi-class

Sebagai contoh, di WEC kelas yang dilombakan ada empat, yakni LMP1 (mulai musim 2021 jadi LMH), LMP2, LMGTE Pro, dan LMGTE Am. Karena waktu balapan yang panjang, tiap tim harus menyiapkan tiga pembalap untuk bergantian selama durasi balap.

Dan sebagai pemanasan menuju WEC musim 2021, JOTA juga akan turun di Asian Le Mans Series (ALMS) 2021. Berbeda dari WEC, balapan ALMS hanya berdurasi 4 jam, maka cuma dua pembalap yang diperkenankan balap. Sean Gelael akan turun di Abu Dhabi dan Bahrain, sedang Vandoorne (Bahrain) serta Blomqvist (Bahrain) bergantian mendampingi Sean.

Untuk lebih jelasnya, simak jadwal balap Asian Le Mans Series dan FIA WEC yang akan diikuti Sean Gelael sepanjang 2021.

Jadwal FIA WEC 2021

  1. 19 Maret – 1000 Mil Sebring (AS)
  2. 1 Mei – 6 Hours of Spa-Francorchamps (Belgia)
  3. 12-13 Juni – 24 Hours of Le Mans (Prancis)
  4. 18 Juli – 6 Hours of Monza (Italia)
  5. 26 September – 6 Hours of Fuji (Jepang)
  6. 20 November – 6 Hours of Bahrain (Bahrain)

Jadwal Asian Le Mans Series

  1. 5-6 Februari – 4 Hours Yas Marina (Abu Dhabi)
  2.  19-20 Februari – 4 Hours Bahrain (Bahrain)

>>> Berita terlengkap seputar otomotif bisa Anda simak di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top