Impor Mobil Hyundai di Indonesia Ikut Terganggu Virus Corona?

11/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Impor Mobil Hyundai di Indonesia Ikut Terganggu Virus Corona?
Impor mobil Hyundai di Indonesia rupanya cukup terganggu karena pabrik di Ulsan harus tutup karena ada satu karyawannya yang positif mengidap virus Corona.

Penyebaran wabah virus Corona cukup berimbas terhadap industri otomotif di dunia. Tak terkecuali Hyundai. Produsen asal Korea Selatan tersebut terpaksa menutup sementara pabriknya di Ulsan. Keputusan tersebut diambil karena salah satu karyawan Hyundai di pabrik Ulsan positif terkena virus Corona. 

Padahal itu merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di dunia dengan karyawan sebanyak 34.000 orang. Pabrik tersebut dapat memproduksi hingga 1,4 juta mobil per tahun atau sekitar sepertiga dari seluruh produksi Hyundai di dunia. Beberapa model yang diproduksi mulai Santa Fe, Tucson, Palisade, hingga SUV mewah Genesis GV80.

>>> Akibat Virus Corona, Pabrik Hyundai di Korea Selatan Berhenti Produksi

Impor Hyundai di Indonesia Ikut Terganggu

Akibat penutupan tersebut, impor mobil Hyundai di Indonesia pun dikabarkan ikut terkena dampaknya. 

"Seperti yang sudah kita ketahui pabrik yang di Ulsan kan sementara ditutup karena Covid-19. Dimana pabrik tersebut memproduksi type Santa Fe dan Tucson. Namun kami belum mendapat pemberitahuan informasi yang resmi menyangkut hal ini," jawab Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia Hendrik Widjaja saat dikonfirmasi Cintamobil.com. 

Impor mobil Hyundai di Indonesia ikut terganggu Virus Corona

Hyundai Santafe diproduksi di Pabrik Ulsan

Sebagai informasi, Hyundai memang masih mendatangkan beberapa mobilnya di Korea seperti tercantum dalam data impor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, seperti Santa Fe, Tucson, Genesis, Kona, dan juga IONIQ EV.  

>>> Intip Kecanggihan Hyundai Ioniq EV Berteknologi Fast Charging

Meski tak menjawab secara spesifik dampak penutupan tersebut impor di Indonesia, Hendrik berharap agar pabrik Hyundai di Ulsan bisa kembali segera beroperasi agar penjualannya kembali normal. 

"Mudah-mudahan bisa segera teratasi ya. Ya mudah-mudahan semuanya lancar," sebut Hendrik. 

Impor mobil Hyundai di Indonesia ikut terganggu virus Corona

Hyundai Tucson pun diproduksi di pabrik Ulsan

Penjualan Hyundai di Global Turun

Penjualan Hyundai di seluruh dunia mengalami penurunan yang cukup drastis akibat virus corona. Dalam laporan penjualan yang dirilis Hyundai baru-baru ini, tercatat merosot hingga 12,6 persen dibandingkan pada Januari 2020 yang mencapai 314.825 unit. Sedangkan untuk akumulasi penjualan bulan Januari dan Februari 2020 mencapai 589.869 unit, turun 6,6 persen dibanding akumulasi penjualan dua bulan tahun lalu yang mencapai 631.214 unit.

Tercatat seluruh penjualan Hyundai di luar Korsel hampir semuanya melambat, terlebih untuk pasar China yang tengah diguncang wabah virus Corona (COVID-19). Permintaan tinggi terjadi di Amerika Utara dan Eropa tanpa diperinci lebih detail.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top