IMI Jaring Potensi Pembalap Simulator Lewat Kejurnas E-Motorsport

25/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
IMI Jaring Potensi Pembalap Simulator Lewat Kejurnas E-Motorsport
Pesatnya kemajuan teknologi menghadirkan sarana baru bagi penggemar balap untuk bisa berkarier secara profesional lewat e-motorsport. Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana memanfaatkan momentum tersebut melalui regulasi dan kejurnas.

Gambar menunjukkan penggagas Kejurnas E-Motorsport

(Ki-ka) Rizal Sungkar, Arwin Rizqurahman, Indra Feryanto, dan Andika Rama, pegiat balap simulator di Indonesia

Menjadi pembalap itu mahal. Rasanya semua orang bisa mengamini pernyataan ini setelah mengetahui biaya untuk mendalaminya, umumnya terdiri dari unit kendaraan balap (dan perawatannya), serta berbagai perlengkapan pendukungnya. Hal itu belum termasuk dana darurat, andai terjadi kecelakaan saat memacu mobil. Tak jarang banyak pelaku olahraga balap mendapat pertentangan dari orang-orang sekitar, terutama orang tua.

Belakangan banyak orang melirik video gim sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan hobi balapan, terutama genre balap simulator. Berbeda dengan waralaba gim balap arcade seperti Need for Speed, simulator menghadirkan sensasi dunia nyata ke dalam permainan. Berbagai perilaku kendaraan seperti kecepatan, suara mesin, derajat membelok, serta kerusakan dibuat semirip mungkin dengan yang asli. Mereka yang belum punya kesempatan untuk terjun langsung ke sirkuit beramai-ramai memainkannya, baik secara luring (offline) maupun daring (online).

>>> Baca juga: Toyota GR Supra hadir di video gim ini

Dalam acara presentasi Racing Simulator Festival di lantai dasar Mall Mangga Dua, Sabtu (23/3), IMI mempunyai berbagai rencana untuk mengajak para pemain gim balap simulator untuk meningkatkan skill membalapnya lebih jauh lewat kejuaraan nasional (kejurnas). Adapun untuk seri pertama, semua pemain bisa ikut tanpa perlu memiliki Kartu Izin Start (KIS), semacam SIM balap bagi pembalap yang berlaga di berbagai ajang tersertifikasi oleh regulator balap Indonesia itu.

Gambar menunjukkan rig simulator, set pc, serta kontroler setir

Berapa ya harga per unitnya?

Indra Feryanto, salah satu pengurus Komisi E-Motorsport IMI yakin bahwa dengan jalur yang benar, balap simulator bisa menjadi jalan karier bagi seseorang, seperti pembalap dunia nyata yang memulai langkah dari gokart.

“Kalau bisa kita bikinkan jalur benar, itu bisa menjadi jalan untuk karier seseorang. Kita tahu menjadi pembalap itu mahal, harus dari gokart. Kalau dari gim bisa jadi lebih murah dan aman, izin orang tua pun lebih cepat. Kami di komisi sedang menggodok regulasi, yang kita sadur dari kejuaraan balap mobil di bawah naungan IMI,” tutur Indra yang juga merupakan pemilik jasa pembuatan rig balap simulator tersebut.

>>> Ingin membeli mobil berbagai merek? Cintamobil.com punya daftarnya

Rizal Sungkar, salah seorang pembalap nasional turut mendukung rencana standarisasi ini. Ia dan timnya di komisi terbaru IMI bertekad membuat kejurnas balap simulator semirip mungkin dengan aslinya.

“E-Motorsport ini mirroring balapan aslinya, di mana balapan asli terbagi menjadi berbagai kelas. Di sini juga ada kejurnas, kejurda, dan sebagainya, dibagi berdasarkan balapan, pembalap, kelas, seeded, non-seeded, profesional, dan lain-lain. IMI sebagai regulator ingin mengajak teman-teman komunitas ini untuk menuju kejurnas. Kami akan mengunggah regulasi dan jadwal kejuaraan di website IMI juga nantinya.

“Dengan kemajuan teknologi saat ini, e-motorsport di Indonesia sudah saatnya kita dukung. Bagi mereka yang belum punya kesempatan di dunia nyata, bisa dimulai dari dunia maya. Sudah ada contoh nyatanya, seperti [Andika] Rama. Dia tahun lalu menjadi rekan setimnya Fitra Eri [di ISSOM],” pungkasnya. 

Event Racing Simulator Festival berlangsung hingga 30 Maret 2019. Selain menjajal rig balap simulator, Anda juga bisa membeli berbagai aksesorisnya dengan harga spesial. Tidak hanya gim balap, ada juga booth PC gaming dengan berbagai macam permainan. 

>>> Baca berita otomotif lainnya di sini!

Share this post:
 
back to top