Imbas Virus Corona di RI, Launching Mobil Baru Ikutan Terganggu

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Imbas Virus Corona di RI, Launching Mobil Baru Ikutan Terganggu
Ada beberapa jadwal pameran otomotif maupun peluncuran mobil baru yang masih menanti kepastian bahkan harus dibatalkan akibat adanya imbauan pembatasan aktifitas di luar rumah oleh Presiden Joko Widodo. 

Penyebaran virus Corona di Indonesia membuat sejumlah aktifitas masyarakat ikut terganggu. Begitu juga dengan industri otomotif di Tanah Air. Ada beberapa jadwal pameran otomotif maupun peluncuran mobil baru yang masih menanti kepastian bahkan harus dibatalkan akibat adanya imbauan pembatasan aktifitas di luar rumah oleh Presiden Joko Widodo. 

Sebelum imbauan tersebut muncul, Mercedes-Benz merilis lima mobil barunya sekaligus yaitu C-Class Cabriolet, GLC Coupe, GLE 450 4MATIC, serta dua model AMG yakni AMG A 35 4MATIC dan AMG GT 53 4MATIC + 4 Door Coupe. dalam gelaran Mercedes-Benz Star Drive. Hal itu harus dilakukan pabrikan asal Jerman tersebut demi menggairahkan kembali penjualan mobilnya yang sempat menurun karena adanya banjir di sebagian besar wilayah Jakarta dan Bekasi. 

Peluncuran mobil baru Mercedes-Benz

Mercedes-Benz tetap meluncurkan mobilnya di tengah penyebaran virus Corona

>>> Ada Aturan PPnBM Baru, Benarkah Sedan Mercedes-Benz Bisa Lebih Murah?

Peluncuran Mobil Tetap Jalan

Meski begitu, Mercedes-Benz masih memperhatikan keamanan dan kesehatan para pengunjung maupun media yang meliput kegiatan tersebut. Mercedes-Benz misalnya menyediakan hand sanitizer dan juga masker yang bisa digunakan oleh para pengunjung. 

"Kami menyadari ini akan menjadi tahun yang sulit. Tapi dengan kondisi yang ada, kami tetap harus menjalankan kegiatan ini untuk meningkatkan penjualan mobil. Tetapi kami juga tetap melakukan berbagai tindakan preventif seperti menyediakan masker dan juga hand sanitizer untuk para pengunjung," jelas Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Hari Arifianto. 

Sesama pabrikan asal Jerman, BMW juga rupanya meluncurkan mobil baru pada hari yang sama namun cara yang berbeda. BMW meluncurkan BMW 630i Gran Turismo M Sport secara virtual untuk kali pertama pada Kamis (12/3) malam. Langkah ini diambil BMW untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini di Indonesia dimana virus Corona mulai menyebar luas.

BMW untuk pertama kalinya meluncurkan mobil secara virtual

BMW untuk pertama kalinya meluncurkan mobil secara virtual di tengah penyebaran virus Corona

>>> BMW Luncurkan 630i Gran Turismo Secara Virtual, Harganya Rp 1,5 Miliar 

Toyota Masih Berdiskusi untuk Kepastian Merilis Mobil Barunya Terkait Penyebaran Virus Corona

Lain pabrikan Jerman, lain pula dengan pabrikan Jepang. Sesuai dengan undangan yang diterima tim Cintamobil.com, Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan dua mobil LCGC andalannya yakni Agya dan Ayla versi terbaru pada Kamis (19/3/2020). Namun Daihatsu telah mengambil aksi lebih dulu dengan membatalkan acara peluncuran tersebut. 

"Batal," sebut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra saat dikonfirmasi.

Sementara Toyota masih belum memberikan kepastiannya hingga saat ini. Pihak Toyota masih melakukan diskusi terkait peluncuran Agya versi terbaru ini. 

"Sedang kami diskusikan dan review apakah masih jalan or not," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dihubungi terpisah. 

>>> Toyota Agya Facelift Siap Hadir Bulan Ini, Sudah Pakai Keyless Entry!

Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang bakal berlangsung pada 9-19 April 2020 masih harap-harap cemas. Pihak penyelenggara masih belum memutuskan apakah pameran tersebut bakal terus berlanjut atau ditunda pelaksanannya. 

Sekadar informasi, pemerintah provinsi DKI Jakarta lewat Gubernurnya telah memberikan instruksi agar kegiatan yang melibatkan banyak massa di luar rumah dibatasi agar penyebaran virus Corona tak terus meluas. Bahkan jam beroperasi transportasi umum ikut dibatasi. Mereka yang harus bekerja dan sekolah pun disarankan dilakukan dari rumah. 

>>> Simak juga berbagai berita terkini dunia otomotif lainnya di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pertamina Jamin Stok BBM di Indonesia Aman di Tengah Penyebaran Virus Corona

16/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Meskipun beberapa aktifitas dibatasi karena penyebaran virus corona di Indonesia, namun stok BBM Pertamina dipastikan tetap normal sampai 20 hari ke depan.

Lihat juga

Cegah Virus Corona Meluas, Pengoperasian Transjakarta dan MRT Dibatasi

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemprov DKI Jakarta membatasi jam beroperasi transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta demi mencegah penyebaran virus Corona yang terus meluas di Indonesia.

Lihat juga

Pabrik Mercedes-Benz di Bogor Tak Terganggu dari Virus Corona

12/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Penyebaran virus corona di Jerman dilaporkan terus meningkat. Masifnya penyebarannya dikhawatirkan pengaruhi distribusi suplai komponen, termasuk ke Indonesia.

Lihat juga

Cintamobil TV: Tips Membeli Toyota Agya Bekas, Mobil Perkotaan nan Dinamis

04/02/2020

Jual beli

3 menit

Tim Cintamobil TV mengungkapkan beberapa tips membeli Toyota Agya bekas untuk Anda, mobil berdesain kompak yang menawan dan populer sebagai mobil perkotaan.

Lihat juga