Imbas Perang Dagang, Produsen Mobil Listrik China Siap Relokasi ke Indonesia

15/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Perang dagang antara China dan Amerika Serikat berimbas pada banyak hal. Salah satunya, dua produsen mobil listrik China, BYD dan JAC bakal melakukan relokasi bisnis dan Indonesia jadi salah satu negara yang dilirik dan dipertimbangkan.

Akibat perang dagang antara China dan Amerika Serikat yang terus berlanjut para pelaku usaha berpikir keras untuk tetap survive demi kepentingan bisnisnya. Dua produsen mobil listrik China, BYD dan JAC diklaim sangat berminat untuk melakukan relokasi bisnis dari lokasi lain ke Indonesia.

Foto mobil listrik BYD e6 yang jadi armada Taksi Blue Bird

BYD ingin lebih dalam merambah pasar Indonesia

Hal tersebut disampaikan Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin di Jakarta, beberapa waktu lalu. Menurut Ridwan, ketertarikan dua produsen mobil listrik tersebut terungkap saat dia turut dalam kunjungan kerja ke Ghuangzou, China bersama Menteri Koordinator Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, 7 Juli 2019 lalu.

"Mobil listrik mau relokasi, yaitu BYD dan JAC. BYD itu mobil yang kerja sama dengan Bluebird sedangkan JAC itu ukuran kelas mobilnya satu tingkat di bawah BYD, tapi itu besar (juga)," kata Ridwan, seperti dikutip dari Liputan6.com, (12/7/2019).

>>> Selain Wuling dan DFSK, Pabrikan China Ini Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pasar Indonesia

Foto mobil listrik JAC iEV7S, dari arah samping depan tampak menarik

JAC juga tertarik relokasi ke Indonesia

>>> Hampir Terancam, Ini Kenyataan Pahit Industri Mobil Listrik China

Tidak disebutkan kapan rencana besar itu direalisasikan dan berapa nilai investasi yang bakal ditanam. Yang pasti kedua produsen mobil listrik tersebut sudah menyatakan minat dan siap. Lokasi juga sudah disurvei dengan opsi utama di wilayah Jawa Barat.

"Mereka tidak mengungkapkan angka tapi sudah menyatakan minat. Syaratnya jelas dan lokasinya ada. Perpres sedang ditunggu," tutur Ridwan. "Tapi kalau dia mau mendekatkan sama sumber baterainya bisa juga di luar (Jawa) sana," tambahnya.

>>> Ikuti terus berita otomotif terupdate dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top