Imbas Covid, Pabrik Daihatsu Tak Bisa Lahirkan 1 Mobil dalam 1,5 Menit

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Imbas Covid, Pabrik Daihatsu Tak Bisa Lahirkan 1 Mobil dalam 1,5 Menit
Pandemi Corona rupanya juga turut dirasakan para pabrikan. Kegiatan produksi di pabrik Daihatsu misalnya. Karena Covid, 1 mobil tak bisa lahir dalam 1,5 menit.

Produksi mobil menjadi salah satu kegiatan yang tak luput dari penyebaran virus corona. Adanya imbauan untuk menerapkan physical distancing demi mencegah penyebaran virus corona menjadi salah satu penyebab kegiatan produksi ikut terhambat. 

Diakui PT Astra Daihatsu Motor, waktu kelahiran satu unit mobil di pabrik Daihatsu juga ikut molor lantaran adanya sejumlah pembatasan. 

"Takt Time itu waktu kita mengeluarkan satu mobil, biasanya 1,5 menit kita keluarkan satu mobil tapi karena protokol Covid jadi 3,1 menit," ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra. 

Pabrik PT ADM

Kapasitas produksi di pabrik Daihatsu ikut terganggu

>>> Tak Ada Pengiriman ke Diler, Mobil Daihatsu Tetap Laris Ribuan Unit

Kapasitas Produksi Juga Berkurang

Tak hanya waktu produksi mobil di pabrik Daihatsu yang makin lama dibuatnya, kapasitas pun jadi menurun. Diprediksi hingga akhir tahun 2020, pabrik Daihatsu hanya akan memproduksi 283 ribu unit mobil. 

"Impactnya adalah kapasitas kita yang tadinya 530 unit kendaraan per hari menjadi 347 kendaraan per hari," jelas Amelia. 

Sebagai informasi, fasilitas produksi PT ADM terdapat lima pabrik yakni, Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang Engine Plant, dan Karawang Assembly Plant. Bila digabung secara keseluruhan kapasitas produksi terpasangnya mencapai 530.000 unit per tahun. 

Pandemi yang belum berakhir juga membuat Daihatsu pro aktif dalam melakukan tindakan pencegahan. Disebutkan Amelia, PT ADM memastikan pelaksanaan seluruh protokol kesehatan dilakukan secara maksimal di seluruh area baik itu Jakarta, Cibitung, dan juga Karawang. 

Daihatsu juga telah membuat sebuah aplikasi untuk memonitor pergerakan karyawan dan memastikan jarak satu sama lain masih sesuai batas yang ditetapkan, yakni 1,5 meter. 

Setiap karyawan PT ADM juga diwajibkan melakukan self assestment secara mandiri dan rutin setiap hari lewat aplikasi tersebut. 

Pabrik PT ADM

Penerapan protokol kesehatan di lingkungan PT ADM diperketat

>>> Daihatsu Kini Bisa Bikin 3 Mobil Baru Hanya dalam Waktu 2 Tahun

Memaksimalkan Jalur Digital

Produksi mobil pun masih terus berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan demi memenuhi permintaan untuk pasar domestik dan juga ekspor. Daihatsu sendiri menargetkan bisa mendapatkan pangsa pasar di angka 17% di penghujung tahun 2020. 

Untuk mewujudkan hal itu, Daihatsu pun menempuh jalur digital mengingat adanya pembatasan aktivitas di sejumlah wilayah Tanah Air. 

"Pada dasarnya kami sangat adaptive, social distancing menyebabkan kami harus melakukan aktivias dengan virtual termasuk campaign atau promosi. Semua aset Daihatsu di digital kami maksimalkan," pungkas Amelia. 

>>> Serunya Beli Mobil Secara Online Di Daihatsu Festival 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Edukasi Program Penyu Daihatsu Untuk Indonesia Diperluas

27/09/2020

Event - Promosi

3 menit

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) salah satu pabrikan terbesar di Tanah Air melakukan edukasi program penyu Daihatsu untuk Indonesia, kini diperluas lagi cakupannya

Lihat juga

Ini Langkah Daihatsu Untuk Mendukung PSBB Jakarta

22/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Dalam upaya mendukung PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Jakarta, Karyawan Astra Daihatsu Motor Bekerja di Kantor 1 Minggu dalam 1 Bulan

Lihat juga

5 Mobil Daihatsu Kecil yang Pernah Singgah di Indonesia

17/09/2020

Jual beli

8 menit

Mobil Daihatsu kecil yang ada di Indonesia ternyata bukan cuma Agya, namun setidaknya ada lima model lain. Sayangnya beberapa model ini tidak pernah dijual secara massal oleh Daihatsu.

Lihat juga

Inikah Sinyal Kuat Kehadiran Daihatsu Rocky 2020 di Indonesia?

14/09/2020

Mobil baru

3 menit

PT Astra Daihatsu Motor belum lama ini memberikan edukasi soal platform DNGA. Ini bisa dibilang menjadi sinyal kuat bahwa Rocky 2020 bakal segera mengaspal.

Lihat juga

Covid-19 Belum Mereda, Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi Covid-19 semakin memprihatinkan, PT Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merek dan distributor merek Daihatsu Perketat Protokol Kesehatan

Lihat juga