Hyundai-Kia Tepis Kabar Produksi Apple Car

09/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai akhirnya menepis kabar soal pengembangan Apple Car. Hal itu membuat pengembangan mobil perdana Apple masih menjadi misterius yang belum terpecahkan.

Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai menepis kabar yang menyebut pihaknya tengah dalam diskusi dengan Apple Inc untuk menggarap mobil listrik otonom. Padahal, sebulan sebelumnya, Hyundai menyebut bahwa telah melakukan pembicaraan tahap awal dengan perusahaan teknologi raksasa yang bermarkas di California tersebut. 

Pengumuman ini membuat saham Hyundai turun 6,2 persen. Pun demikian dengan Kia yang disebut media lokal bakal menjadi partner operasional dari pengembangan mobil Apple anjlok 15 persen.

Apple Car masih misteri

Kelanjutan mobil garapan Apple ini masih misterius

>>> Teaser Kembali Dirilis, Desain Hyundai Bayon Semakin Jelas

Hyundai Enggan Kerjasama dengan Pihak Luar

Hal ini sekaligus mengakhiri spekulasi soal kelanjutan Apple Car yang dengan produsen asal Korea Selatan tersebut. Sebelumnya bahkan Apple Car diramalkan bakal mengusung sasis E-GMP yang sama dengan Hyundai Ioniq 5. 

"Kami menerima permintaan kerjasama untuk menggarap mobil listrik otonom dari banyak perusahaan. Namun semuanya masih tahap awal dan belum ada keputusan apapun," ungkap Hyundai seraya memberi penjelasan pada investor sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (9/2/2021). 

"Kami tidak ada pembicaraan dengan Apple dalam pengembangan kendaraan otonom," lanjutnya lagi. 

Adanya pemberitaan meluas soal kemungkinan Apple Car digarap oleh pabrikan Negeri Ginseng tersebut memang sempat membuat saham melonjak. Saham KIA misalnya naik melonjak hingga 61 persen semenjak Hyundai mengonfirmasi adanya inisiasi dalam pengembangan Apple Car. 

"Apple dan Hyundai memang tengah dalam diskusi, namun masih tahap awal, tak ada keputusan apapun," jelas Hyundai sebelum menghapus semua pernyataan untuk menerima penawaran soal pengembangan mobil listrik. 

>>> Hyundai Motor Group Ingin Hentikan Pengembangan Mobil Bermesin Diesel

Ditolak Pihak Internal

Hyundai memang dikenal enggan menjalin kerjasamanya dengan pihak luar untuk menyediakan transmisi hingga mesin sekalipun. Walaupun saham melonjak, nyatanya pihak internal Hyundai disebut banyak yang menolak untuk kerjasama dengan Apple tersebut. 

Apple Car Disebut Bakal Digarap Bareng Hyundai

Enggan jalin kerjasama dengan pihak luar

"Kami khawatir bagaimana melakukannya, apakah sebaiknya dilakukan atau tidak. Kami bukanlah produsen yang bisa memproduksi mobil untuk pihak lain," jelas seorang eksekutif Hyundai yang enggan disebutkan namanya. 

Sebenarnya pembicaraan kerjasama antara Apple dan Hyundai telah dimulai sejak 2019. Tapi hal itu terhambat lantaran keengganan Hyundai untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar.

Sedangkan soal pemberitaan Apple Car belakangan ini tengah mencuat. Bahkan disebut-sebut mobil garapan Apple ini bakal meluncur pada tahun 2025 dengan bocoran spesifikasinya. 

>>> Diprediksi Rilis Tahun 2025, Inikah Bocoran Spesifikasi Mobil Perdana Apple?

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top