Kolaborasi Hyundai Dan Grab Percepat Adopsi Armada Mobil Listrik di ASEAN

24/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Hyundai Motor Group memperdalam kemitraan dengan Grab untuk percepat adopsi mobil listrik di kawasan Asia Tenggara.

Hyundai Motor Group dan Grab umumkan peningkatan kemitraan strategis berkelanjutan keduanya dalam layanan mobilitas elektrifikasi. Fase kemitraan berikutnya akan fokus pada percepatan adopsi mobil listrik di Asia Tenggara. 

>>> Mitra Pengemudi Grab Sudah Divaksin, Penumpang Bisa Lebih Tenang

Fokus Pada Masalah yang Dihadapi

Kemitraan ini juga melibatkan Kia Corporation yang tergabung dalam satu grup dengan Hyundai. Kedepannya Grab akan mengembangkan lebih lanjut percontohan dan inisiatif baru dalam hal elektrifikasi termasuk menghilangkan hambatan untuk mitra pengemudi Grab seperti menurunkan total biaya kepemilikan dan mengurangi kecemasan jangkauan mobil listrik.

Gambar menujukan mobil listrik Hyundai

GrabCar Elektrik di Bandara Soekarno Hatta

Sebelumnya kemitraan ini telah melakukan survei dari pengemudi mobil listrik Hyundai yang digunakan oleh mitra pengemudi Grab di Singapura. Hasilnya mengungkapkan  bahwa biaya tinggi, kurangnya lokasi pengisian daya dan waktu tunggu yang lama untuk pengisian menjadi hambatan utama yang menghambat mitra pengemudi Grab. Oleh karena itu, kemitraan ini akan fokus untuk mengatasi beberapa hambatan tersebut dengan menguji coba model bisnis mobil listrik baru.

Gambar menunjuikan Grab dan pemerintah

Peluncuran GrabCar Elektrik di Bandara Soekarno Hatta

“Dengan Grab yang memiliki jaringan pengemudi terbesar di kawasan ini dan solusi mobilitas komprehensif Hyundai, kami yakin bahwa bersama-sama kami dapat membantu meningkatkan adopsi EV dan pada akhirnya mengurangi emisi karbon. Di luar proyek yang sedang berjalan, Grup mengharapkan kerjasama tambahan dengan Grab untuk menjadi pendorong utama untuk memimpin pasar mobilitas masa depan di Asia Tenggara.” kata Minsung Kim , Wakil Presiden Divisi Inovasi di Hyundai Motor Group. 

>>> Loki dan Captain America Bantu ‘Jualan’ Hyundai Tucson 2021

Hyundai dan Grab Telah Luncurkan GrabCar Elektrik di Bandara Soekarno Hatta

Selain itu, sejalan dengan strategi masa depan terbaru Hyundai Motor Group, kedua belah pihak akan menjajaki kolaborasi dalam peluang bisnis dan teknologi baru seperti solusi kota pintar. Sejak kemitraan awal diumumkan pada 2018, kedua belah pihak telah meluncurkan serangkaian percontohan EV di Asia Tenggara, dimulai dengan Singapura pada 2019 dan Indonesia pada 2020 lalu.  Untuk di Singapura terdapat 200 unit Hyundai Kona EV yang dijadikan armada GrabRentals Grab. Sementara itu di Tanah Air Grab telah meluncurkan armada GrabCar Elektrik kendaraan Hyundai IONIQ di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Gambar Hyundai IONIQ

Hyundai IONIQ cocok jadi 'taksi' Grab

“Kami telah meluncurkan EV Grab Ecosystem Roadmap tahun lalu, kami sangat senang hari ini bisa meluncurkan GrabCar Elektrik Powered by Hyundai yang pertama kali di Indonesia. GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia yang telah kami sampaikan ketika memperoleh investasi USD 2 miliar dari SoftBank tahun lalu.” kata Ridzki Kramadibrata, President Grab Indonesia awal tahun lalu dalam peluncuran GrabCar Elektrik di Bandara Soekarno Hatta.

>>> Cek dan Rekondisi Suspensi Mobil Agar Berkendara Semakin Nyaman

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top