Hyundai Staria Resmi Meluncur di Thailand, Indonesia Menyusul

10/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Melalui livestream Facebook resmi Hyundai Thailand, pabrikan asal Korea Selatan ini meluncurkan Hyundai Staria. Mobil ini merupakan MVP premium flagship mereka.

Setelah teaser-nya beredar di berbagai media sosial dan website otomotif, Hyundai Staria akhrinya resmi diluncurkan di Thailand. Negara ini menjadi yang pertama untuk mendapatkan Staria right hand drive atau setir kanan.

Gambar MPV Staria

Staria benar-benar hadir dengan desain futuristis bak pesawat ruang angkasa

Penjualan H-1 atau Grand Starex yang tinggi menjadi salah satu alasan bagi Hyundai untuk meluncurkan MPV premium flagship mereka di sana. Mobil ini menggunakan mesin diesel 2.200 cc tenaga 177 PS dan torsi 431 Nm dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

>>> Muscle Car Listrik Dogde Ini Bakal Jadi The Next Mobil Toretto?

Hanya Tersedia Dengan Format 11-Seater

Hyundai Staria ditawarkan dalam dua tipe, S AT dan SEL AT. Keduanya ditawarkan dalam format 11-seater dengan konfigurasi tempat duduk 3-3-2-3, pemilik mobil ini tentu tidak khawatir harus meninggalkan paman, kakek, atau nenek untuk bepergian.

Gambar Hyundai Staria 11 Seater

Staria pas untuk keluarga besar

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm, dengan wheelbasenya 3.273 mm. Jika dibandingkan dengan H-1, MPV tersebut memiliki panjang 5.169 mm, lebar 1.920 mm, dan tinggi 1.925 mm dengan wheelbase 3.200 mm.

Gambar Infotainment Staria

Dilengkapi layar infotainment 8 inci

Hyundai Staria versi Thailand dibekali dengan fitur panel instrumen digital 10,25 inci, layar infotainment touchscreen 8 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Electronic Gear Shift Button, paddle shift, wireless charging, Smart Power Tailgate serta Sliding Door, spion auto dimming, kamera 360, dan masih banyak lagi.

Gambar Fitur Keselamatan Staria

Fitur keselamatannya terbilang lengkap

Fitur safety-nya pun tergolong lengkap, sebut saja 6 buah Airbag, ABS, ESP, HAC, ISOFIX, dan Rear Occupant Alert. Khusus tipe SEL, ditambah Tire Pressure Monitoring System serta seperangkat fitur Hyundai Smart Sense seperti Foward Collision Avoidance Assist, Smart Cruise Control, Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, dan Safe Exit Assist.

>>> Sejarah Pintu Gunting Mobil Joko Dalam Sinetron 'Dari Jendela SMP'

Indonesia Segera Menyusul

Di Thailand, Hyundai Staria versi Thailand dibanderol 1.729.000 baht atau Rp 770 jutaan untuk tipe S AT dan 1.999.000 baht atau Rp 890 jutaan untuk tipe SEL AT. Bagaimana dengan Indonesia? Kabar PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) selaku Agen Pemegang Merek Hyundai untuk memasukkan Hyundai Staria ke pasar dalam negeri memang sudah terendus sejak lama.

Gambar Belakang Staria

PT HMI siap meluncurkan mobil ini dalam waktu dekat

Kabar ini semakin diperkuat dengan hadirnya Hyundai Straia masuk dalam daftar laman Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tertulis Staria 2.2 2 WD 8AT memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) senilai Rp 450 juta.

>>> Tips Membersihkan Karpet Mobil Selama PPKM, Tak Butuh Peralatan Khusus

Gambar NJKB Hyundai Staria

Rumornya, mobil ini akan diluncurkan saat GIIAS 2021 yang diundur ke bulan September. Beberapa dealer Hyundai pun kabarnya sudah membuka inden kepada konsumen. So? Apakah Anda berminat membeli MPV (Multi Purpose Vehicle) nan futuristik ini? Beli lewat Cintamobil.com ya biar dapat promo menarik!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top