Ini Hyundai Stargazer, Calon Rival Avanza -Xpander di Indonesia

13/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai sedang bersiap untuk meramaikan pasar Low MPV di Indonesia. Dengan hadirnya Hyundai Stargazer, Avanza dan Xpander akan mendapatkan persaingan sengit.

Persiapan debut Hyundai Staria rupanya menutup rumor lain mengenai kehadiran Low MPV yang tak terduga dari produsen asal Negeri Ginseng itu. Hal ini  terungkap setelah Hyundai Motor Company mendaftarkan nama Stargazer ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.

Nama tersebut didaftarkan melalui konsultan hukum di Indonesia sebagai penamaan mobil. Permohonan pendaftarannya bahkan sudah dilakukan sejak November 2020 lalu.

Sebagai informasi, pada akhir tahun lalu, Hyundai juga telah memastikan bakal memproduksi secara lokal sebuah mobil baru di pabrik mereka yang berada di Kota Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat.

>>> Siap-siap, Suzuki SX-4 S Cross Terbaru Bakal Meluncur Tahun Depan

Belum Ada Informasi Detail

Gambar Pabrik Hyundai

Pabrik Hyundai terbaru di Deltamas

Pembangunan pabrik di Bekasi tersebut kini sudah mencapai tahap 90%. Rencananya, Hyundai akan memulai produksi pada akhir 2021 yang membuat peluncuran Hyundai Stargazer akan dilakukan pada tahun 2022.

Kami menduga Stargazer akan meminjam dapur pacu dari saudaranya, Hyundai Creta. Mesin tersebut berkapasitas 1,6 liter 4-silinder 16 katup dengan VTVT (Variable Timing Valve Train) yang menghasilkan tenaga 121 HP.

Dengan mesin tersebut, Hyundai Stargazer seharusnya dapat bersaing ketat dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di kelas yang sama. Bahkan, tenaga dari Stargazer jauh mengungguli kedua calon rivalnya.

Gambar Fascia Stargazer

Tampilan fascia Stargazer

Jika mengejar efisiensi bahan bakar, varian mesin 1,4 liter bensin atau 1,6 liter dari Creta bisa menjadi pilihan alternatif Stargazer agar dapat bersaing dengan kedua mobil yang sudah mapan di tanah air.

>>> Koleksi Supercar Lionel Messi yang Antar Argentina Juara Copa America

Bagaimana Dengan Hyundai Creta?

Tak hanya Hyundai Stargazer, kabarnya PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) juga akan meluncurkan Hyundai Creta dalam beberapa waktu ke depan. Nama Creta juga termasuk dalam daftar registrasi Hyundai ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Gambar Hyundai Creta

Tampilan Hyundai Creta

Rumor Hyundai Creta sebenarnya sudah terdengar sejak dua tahun belakangan. Apalagi sejak unitnya yang menggunakan kamuflase sering tertangkap kamera saat sedang diuji jalan di Indonesia.

SUV ini terbilang sukses dan cukup populer di India, jadi bukan tidak mungkin PT HMI ingin mengulang kesuksesan tersebut di Indonesia. Terlebih mengingat tren mobil saat ini yang lebih condong ke arah SUV.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top