Hyundai Siapkan Mobil yang Bisa Tangkal Virus, Intip Kecanggihannya

12/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai Siapkan Mobil yang Bisa Tangkal Virus, Intip Kecanggihannya
Produsen mobil asal Korea Selatan Hyundai dikabarkan tengah menyiapkan mobil yang bisa menangkal virus sebagai salah satu kendaraan di masa mendatang.

Menjaga kebersihan merupakan kewajiban para pengendara di masa mendatang. Virus corona yang belum ditemukan penangkalnya membuat semua pihak patut waspada. 

Selain pengendara yang diwajibkan untuk rajin membersihkan kendaraannya, para produsen mobil juga tengah memikirkan desain mobil di masa mendatang. Ini karena banyak orang yang diprediksi beralih ke kendaraan pribadi untuk menghindari keramaian seperti saat menggunakan transportasi umum. 

>>> Desain Mobil Ikut Berubah karena Virus Corona

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai termasuk salah satu produsen mobil yang mulai konsen akan hal tersebut. 

Usung Teknologi Lampu UV

Dikutip Cintamobil.com dari situs resmi Hyundai Motor Group, Jumat (12/6/2020), raksasa otomotif dari Negeri Ginseng itu tengah mengembangkan material yang bisa steril dengan sendirinya. Tujuannya agar kebersihan dalam mobil tetap terjaga dan bebas dari virus hingga bakteri sekalipun. 

Mobil Hyundai

Teknologi lampu sinar UV yang bakal diadaptasi Hyundai

Sejauh ini, teknologi yang paling memungkinkan adalah penggunakan lampu UltraViolet (UV). Teknologi ini kerap ditemui pada rumah sakit besar di Korea Selatan dimana sebuah lift bisa disterilkan dengan lampu UV hanya dengan menekan sebuah tombol. 

Fitur ini dinilai efektif baik itu secara medis maupun ilmiah. Tak hanya rumah sakit, stasiun subway, dan fasilitas umum lainnya pun disebut sudah menggunakan teknologi tersebut. 

>>> Pertamina Pastikan Stok BBM di Masa Transisi Aman

Hyundai pun tampaknya tengah mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi lampu UV pada mobilnya. Sinar UV secara langsung memang tak baik untuk kulit manusia, untuk itu fitur nantinya akan bisa diaktifkan ketika tak ada orang di dalam mobil. 

Akan lebih ideal dan efektif bila fitur tersemat pada langit-langit mobil karena bisa mensterilkan jok, karpet mobil, dasbor, serta setir dalam waktu bersamaan. 

Tapi tentu tak efektif untuk bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh pancaran sinar UV tersebut.

Harganya Tak Murah

Oleh karena itu, Hyundai berencana untuk mengembangkan lampu interior kabin yang sudah memiliki fitur sterilisasi. Hyundai akan memaksimalkan pancaran sinar UV untuk bisa mensterilkan dengan baik dan memperluas penggunaannya. 

>>> Memilih Desinfektan yang Aman untuk Membersihkan Mobil

Tak hanya mensterilkan kabin mobil, sinar UV juga disebut-sebut dapat mereduksi fotokatalitik dari gas karbondioksida. Ini juga merupakan cara yang inovatif dalam mentserilkan kendaraan Anda. 

Mengusung modul UV fotokatalik, nantinya bisa mengeliminir kuman yang berkembang di dalam mobil. Hyundai tengah memaksimalkan teknologi yang efektif dan diharapkan bisa meningkatkan kualitas udara di cabin. 

Mobil Hyundai

Area dasbor rentan terhadap kuman

Tentunya teknologi semacam ini tidak murah karena membutuhkan modul yang mahal. Artinya harga mobil tentu akan ikut terkerek naik. Hyundai pun sudah memikrikannya dan tengah meracik teknologi yang bisa lebih terjangkau. Supaya bisa terwujud, Hyundai juga bakal menggaet sejumlah pihak dari beragam institusi. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top