Hyundai Hapus Seluruh Model Mobil BBM Pada 2045

08/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hyundai bakal menghapus total mobil BBM pada tahun 2045. Sebagai gantinya seluruh model baru bakal berupa mobil listrik murni bertenaga baterai (BEV).

Hyundai dalam rencana menghapus seluruh modelnya yang bermesin konvensional pada 2045. Tidak hanya dalam penjualan, tapi juga untuk produksi dan pengembangan mobil BBM. Sebagai gantinya, seluruh model bakal berupa mobil listrik murni baterai (BEV).

Pengumuman penghapusan mobil BBM tersebut disampaikan Presiden dan CEO Hyundai Motor Company, Jaehoon (Jay) Chang di hari pertama pembukaan IAA Mobility 2021, Munich.

“Hyundai Motor berkomitmen untuk menjadi netral karbon dalam produk dan operasi globalnya pada tahun 2045, dan kami akan melakukan investasi dalam transportasi yang lebih bersih dan solusi energi yang lebih hijau untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan bagi semua orang.” kata Jay, di Munich Jerman, Selasa (7/9/2021).

Transisi Bertahap

Dijelaskan bahwa transisi elektrifikasi Hyundai Motor sudah dimulai sejak 1991 dan akan terus dilakukan secara bertahap.

Pada 2030 ditargetkan pangsa penjualan global kendaraan bebas emisi Hyundai mencapai 30%, meliputi mobil listrik baterai (BEV) dan mobil listrik sel hidrogen (FCEV).

Pada 2035 Hyundai hanya menawarkan mobil listrik untuk wilayah Eropa. Lima tahun kemudian pada 2040 penjualan mobil tanpa emisi ditargetkan mencapai 80% dari seluruh model yang dipasarkan secara global, sebelum target 100% direalisasikan tahun 2045.

>>> Hyundai Akan Perkenalkan Mobil Baru Berbahan Bakar Air

Foto dua model Hyundai tampil di IAA Mobility 2021 Munich

Hyundai bakal hapus total mobil BBM diganti mobil listrik

Line up

Untuk rencana jangka panjang di atas, Hyundai mempersiapkan banyak model. Beberapa diantaranya sudah diluncurkan. Sedangkan yang lain masih berbentuk prototype dan masih ada yang sedang dikembangkan.

Model BEV yang telah dipasarkan diantaranya KONA Electric, IONIQ Electric, dan IONIQ 5. Model terakhir ini merupakan mobil listrik Hyundai pertama yang menggunakan Platform Modular Listrik Global (E-GMP)

IONIQ 5 sekaligus menjadi tolok ukur baru untuk kendaraan listrik dengan fitur-fitur yang berkelanjutan dan inovatif, seperti 400 V dan 800 V multi-charging dan Vehicle-to-Load (V2L).

Untuk model konsep BEV ada IONIQ 6 sedan. Mobil listrik ini bakal diluncurkan tahun 2022. Hyundai memastikan mobil ini terinspirasi dari Hyundai Prophecy Concept yang juga dipajang di IAA Mobility 2021 Munich.

Di jajaran mobil listrik sel hidrogen (FCEV) ada ix35, FCEV produksi massal pertama di dunia yang diluncurkan tahun 2013. Lalu SUV NEXO diluncurkan 2018, dan truk XCIENT tahun 2020.

Belum lama ini Hyundai juga memperkenalkan bus Elec City Fuel Cell di Munich dan sekarang masih dalam tahap pengujian di Eropa.

Saat ini jajaran mobil Hyundai masih didominasi mobil BBM. Yang terbaru yaitu Staria bermesin diesel yang sekarang resmi dipasarkan di Indonesia.

>>> Modal Hyundai Staria Senyaman Mercedes-Benz V-Class

Foto Hyundai Staria di dealer Hyundai Kebon Jeruk

Hyundai Staria resmi dijual di Indonesia

>>> Cari mobil Hyundai, Dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top