Hypercar Hybrid Lamborghini Siap meluncur di Franfurt, Bagaimana Bocorannya?

07/03/2019
Mulai merambah pasar mobil ramah lingkungan, Lamborghini menyiapkan mobil Supercar Hybrid yang akan diluncurkan pada Frankfurt motor show.

Berdasarkan informasi yang didapat media asal Australia, Motoring, Lamborghini akan meluncurkan mobil hybrid pertama mereka di Frankfurt Motor Show, september mendatang. Selain dirumorkan menjadi penerus Aventador, mobil supercar ramah lingkungan itu juga menjadi langkah awal bagi Lamborghini dalam mengembangkan mobil hybrid.

Sosok Lamborghini Terzo Millenio, mobil konsep yang menjadi cikal bakal LB48H

Lamborghini Terzo Millenio, inspirasi mobil hybrid Lamborghini

Menurut Chief Commercial Officer Lamborghini, Federico Foschini, mobil yang memiliki kode LB48H itu belum dibocorkan secara resmi. Namun di saat bersamaan, tes awal sedang dilakukan pabrikan Italia itu.

“Kami memiliki Reventon, Veneno, dan Centenario, dan saat ini kami memiliki mobil ini (LB48H). Ini nama teknisnya, namun kami belum membocorkan nama akhirnya. Ini adalah produk yang sangat besar bagi Lamborghini,” papar Foschini.

>>> Kemiripan Lamborghini Urus dengan Aventador S

Terinspirasi dari mobil konsep Terzo Millenio, yang dipamerkan tahun lalu, LB48H menggunakan motor listrik untuk mengerakkan roda depan. Aura khas Lamborghini masih terjaga dengan hadirnya mesin V12 berkapasitas 6,5 liter.

Foschini mengonfirmasi bahwa mobil Hybrid pertama Lamborghini hanya akan dibuat 63 mobil (terinspirasi dari tahun berdirinya Lamborghini, 1963), adapun semua unit telah terjual Juli tahun lalu.

LB48H disinyalir akan menjadi basis bagi generasi terbaru Aventador, yang dirumorkan meluncur tahun 2020. Pun demikian, Foschini merasa itu masih terlalu dini.

“Mungkin ini terlalu dini, karena kesuksesan Aventador saat ini masih sangat besar, hingga kami belum perlu berubah. Contohnya, Aventador SVJ telah terjual hanya dalam waktu tiga atau empat minggu awal.

“Tapi ya, kami memikirkan pengganti. Bagi kami (mesin) V12 adalah aset, ini alasan utama mengapa orang-orang membeli mobil kami, karena mereka mencari mesin V12, dan ekslusifitas yang diberi layout kami (V12, mesin tengah).”

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Lamborghini Terzo Millenio, mobil konsep yang akan menjadi basis Aventador baru dengan teknologi hybrid

Lamborghini Terzo Millenio, mobil konsep yang akan menjadi basis Aventador baru dengan teknologi hybrid

Hybrid, masa depan Aventador

Aventador akan menjadi model pertama Lamborghini yang memiliki varian hybrid, Forschini menjabarkan konsep hibridisasi yang akan diusung generasi terbaru mobil tersebut.

 “Kami tahu tren elektrifikasi akan segera datang. Jadi kami mengombinasikan V12 dengan hybrid. Hibridisasi akan disesuaikan untuk kinerja, tidak semata jarak tempuh. Ini bukanlah mobil yang akan berjalan 70 hingga 100 km sepenuhnya dengan lstrik.

“Tapi kami ingin mobil tersebut dapat berjalan sepenuhnya dengan listrik, mungkin untuk berjalan di perkotaan. Pada akhirnya, yang kami inginkan  adalah tenaga dan performa dari hibridisasi. Jadi, ini konsep di balik masa depan Aventador.

“Mungkin di bawah 50km, saya pikir sekitar 30, ini masih menjadi sesuatu yang kami bicarakan. Ini adalah keseimbangan antara tenaga dan jarak, tenaga yang ingin Anda salurkan dan jarak tempuhnya saat ini sekitar 30 hingga 50 km.”

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Selain LB48H, Lamborghini tampaknya akan meluncurkan kejutan lain di Frankfurt. Menurut desas-desus yang berkembang, pabrikan asal Sant'Agata Bolognese itu juga menyiapkan Urus plug-in hybrid.

Mobil ini sudah diluncurkan di pasar global pada tahun 2017. Meskipun di Indonesia tidak berlangsung peluncurannya secara resmi, namun saat ini Anda sudah dapat membeli Ferrari Convertible paling cantik tersebut melalui Ferrari Jakarta.

>>> Simak berita otomotif terlengkap hanya di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain