Hybrid Jadi Penyelamat Mesin Konvensional  

10/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Hybrid adalah pilihan terakhir yang tersedia bagi pabrikan otomotif untuk menyelamatkan mesin konvensional (pembakaran dalam) agar bisa bertahan sebelum punah

Sejalan kebijakan dunia untuk mencapai 'zero net emission', semakin banyak negara yang melarang penjualan kendaraan bermesin konvensional (bensin dan diesel). Sebagai contoh Uni Eropa yang mensyaratkan semua kendaraan di benua tersebut untuk “capable of zero tailpipe emission” mulai tahun 2025 mendatang. 

Lalu Inggris yang menutup pintu untuk mobil bermesin bensin dan diesel mulai tahun 2030 namun membolehkan mobil hibrida sampai tahun 2035. Walhasil, teknologi hibrida beserta derivatifnya  menjadi pilihan pabrikan otomotif untuk menyelamatkan penjualan mobil yang masih memakai mesin konvensional.  

>>> [INFOGRAFIK] 5 Mitos Mobil Hybrid yang Perlu Anda Ketahui

Pilihan Hybrid  

gambar hybrid

Hybrid menjadi pilihan untuk memperpanjang usia mesin konvensional 

Untuk mesin bensin, penerapan hibrida bukan lagi masalah karena sudah dicontohkan oleh Toyota Prius yang hadir sejak tahun 1997. Pada sisi lain, diesel hibrida terganjal oleh berbagai kendala teknis sehingga pabrikan otomotif ragu-ragu untuk membuatnya. Sementara, hibrida menjadi satu-satunya cara agar mesin diesel bisa dipertahankan hingga beberapa tahun lagi sebelum punah. Itu sebabnya, beberapa pabrikan mobil mulai berlomba mengembangkan berbagai versi mesin diesel hibrida.

Isuzu 

gamba risuzu elf

Isuzu Elf, penerapan teknologi hybrid untuk mesin diesel 

Pabrikan spesialis kendaraan niaga ini sudah pernah membuat truk Isuzu Elf diesel hybrid pada tahun 2005. Jadi sebetulnya bukan hal sulit bagi Isuzu  untuk memproduksi  pick-up D-Max dan SUV MU-X dengan mesin diesel hibrida. Untuk saat ini Isuzu sedang melakukan studi kelayakan teknis penerapan teknologi hybrid diesel pada D-Max dan MU-X.  

Mitsubishi 

gambar mitsubishi triton

Varian hibrida diesel siap hadir tahun depan 

Sang tiga berlian sedang sibuk melakukan studi plug-in hybrid powertrain untuk Mitsubishi Triton yang diperkirakan siap rilis tahun depan. Sebagai bagian dari aliansi Mitsubishi Nissan, sangat boleh jadi plug-in hybrid powertrain milik Mitsubishi Triton diwariskan kepada Nissan Navara generasi terbaru yang akan diluncurkan tahun 2025.

Jaguar Land Rover 

gambar diesel hybrid

Diesel hybrid versi Jaguar Land Rover 

Jaguar Land Rover menerapkan teknologi diesel hybrid melalui mesin enam silinder segaris 3.0 liter Ingenium mild-hybrid dengan tenaga 250 hp - 350 hp dan torsi 600 Nm - 700 Nm. Dalam kondisi standar, mesin diesel Ingenium 3,0 liter sudah memenuhi standar emisi Euro 6 dan menawarkan efisiensi optimal.  

Toyota 

gambar mesin diesel

Salah satu mesin diesel Toyota yang siap di-hybrid-kan

Secara bertahap, Toyota akan menghapus mobil bermesin konvensional hingga tahun 2030. Namun demikian Toyota tetap mempertahankan mesin diesel yang saat ini sudah mencapai  tahap clean diesel dan akan membuat mesin hibrida diesel untuk segmen pasar SUV dan kendaraan niaga. Kabarnya, Toyota Land Cruiser Prado yang siap ganti model pada 2023 akan tersedia dengan  pilihan mesin hibrida diesel 2,5 liter hingga 3,5 liter mulai 2024.

>>> Menolak Punah! Toyota Kembangkan Sistem Hybrid untuk Mesin Diesel
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top