Honda Ungkap Nasib Mobilio, Penggemar Bakal Kecewa?

12/01/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Honda Ungkap Nasib Mobilio, Penggemar Bakal Kecewa?
Akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Indonesia buka suara soal nasib Honda Mobilio, akankah penggemar akan kecewa?

Honda Mobilio seakan membuka mata konsumen mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Tanah Air bahwa kendaraan dengan konsep mobil keluarga 7-penumpang ternyata bisa punya pengendalian yang asyik dikombinasi dengan mesin kencang namun tetap irit bahan bakar.

Honda Mobilio S 2020

Bagaimana nasib Honda Mobilio?

Hal tersebut membuat Mobilio memiliki penggemar tersendiri di kelas ini. Meski tampil paling out of date bila dibandingkan dengan para pesaingnya, tapi berbagai kelebihan yang ditawarkan mobil ini membuatnya masih layak untuk dipilih. Namun, PT HPM akhirnya buka suara mengenai keberlanjutan model ini.

Strategi Khusus Untuk Mobilio

“Ketika pasar mobil itu masih ada pasti kami selalu ada disana, kami udah survei sekarang dan fokus ke LSUV, fokus ke Honda BRV, tapi kami tetap punya strategi untuk Mobilio sesuai dengan keburuhan pasar dan regulasi yang mendukung,” papar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Billy sapaan akrab Yusak Billy juga pernah bilang ke tim Cintamobil.com bahwa, "Sekali lagi kalo bicara 7 penumpang kami fokus pada BR-V, bukan berarti Mobilio ditinggalkan. Ada strategi lagi nanti untuk Low MPV, saya tidak bilang produk baru, ada strategi," tambah Billy yang juga doyan sepedahan ini.

Honda Mobilio RS 2020

Honda Mobilio RS masih jadi trim tertinggi Mobilio

Dengan kata lain, Honda Indonesia memiliki strategi tersendiri untuk model mobil LMPV. Karena, seperti yang kita tahu kini pengembangannya terbalik bila dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Dulu di 2014 saat Mobilio lahir, BR-V yang terlahir 2 tahun kemudian (2016) mengambil basis dari Mobilio. Kini, bisa jadi bila Mobilio tetap menjadi model yang dilanjutkan oleh Honda untuk melawan All New Avanza dan Xpander, mungkin akan mengambil basis dari Honda All New BR-V.

>>> Mau Laku? Honda All New Mobilio Harus Pertahankan Ciri Khas Ini

Sekilas Penjualan Mobilio

Tentunya bukan tanpa alasan bila Billy begitu yakin bahwa Mobilio masih diterima di pasar. Berdasarkan catatan internal mereka, LMPV andalan Honda ini mampu terpesan di angka 350-400 unit SPK per bulan.  

>>> Review New Honda Mobilio RS CVT 2019

Fokus Honda pada All New BR-V tentu beralasan. Dalam studi internal yang dilakukan Honda, mobil Low SUV ini cukup menjanjikan. Terlebih dengan kondisi jalanan Indonesia yang belum sepenuhnya mulus. Pangsa pasarnya juga terus berkembang bahkan kini berada di kisaran 14-15%. Lantas apa nih strategi khusus untuk Mobilio? Tunggu tanggal mainnya ya...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top