Honda Rilis Motor Listrik Murah di China, Harganya Setengah iPhone 12

21/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Motor listrik murah yang diberi nama Honda U-BE yang baru saja diperkenalkan di pasar China dibanderol dengan harga yang terjangkau, hanya setengah iPhone 12.

Wuyang Honda, anak pabrikan Honda di China belum lama ini kembali memperkenalkan motor listrik terbarunya. Setelah sebelumnya merilis skuter elektrik U-GO dengan bobot yang ringan dan harga yang terjangkau untuk melewati jalanan perkotaan yang padat, mereka juga merilis motor listrik yang lebih murah dibandingkan iPhone.

Motor listrik murah

Khusus untuk pasar China, Honda meluncurkan e-skuter U-GO yang dibanderol dengan harga 7.499 RMB (sekitar Rp 16 jutaan). Sepeda motor dengan desain minimalis ini dilengkapi baterai lithium-ion 48V 30Ah yang bisa dilepas.

Honda U-BE dan Honda U-GO berwarna putih
Motor listrik murah Honda U-GO dan Honda U-BE

Dan yang terbaru, pabrikan asal Jepang ini memperkenalkan motor listrik terbarunya yang diberi nama Honda U-BE. Mengadopsi gaya “Simple and Clean”, motor listrik kompak ini hadir dengan jok dua warna berkualitas tinggi yang hanya memiliki ruang untuk pengendara. Berbeda dengan U-GO yang dapat membawa penumpang.

Dengan ukurannya yang lebih kecil, U-BE juga lebih ringan. Bobotnya hanya 54 kg. Bodinya tidak terlalu lebar sehingga membuat parkir lebih mudah dan menawarkan kemampuan manuver yang dinamis di jalanan perkotaan.

>>> Komparasi Daihatsu Terios vs Honda BR-V, Siapa Lebih Value for Money?

motor listrik murah dengan nama Honda U-BE
Honda menawarkan desain yang simpel dan sederhana

Motor listrik ini memiliki lampu sein terintegrasi di lampu depan dan belakang. Ada pula layar LCD negatif yang menunjukkan statistik berkendara seperti kecepatan, persentase baterai, dan jarak tempuh yang tersisa dari baterai motor ini.

>>> Honda Accord e:HEV 2021 Bersiap Masuk Indonesia?

Tiga pilihan baterai

Di bawah jok, U-BE mengandalkan motor 350W. Mesin kecil ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 25 km/jam, sejalan dengan batas kecepatan e-bike 35 km/jam di China. Honda memang tidak fokus pada kecepatan. Sepeda motor ini memang diciptakan untuk memberikan kepraktisan dan bisa bergerak dengan mudah di dalam kota.

Untuk jangkauannya, Honda menyediakan tiga pilihan baterai. Yang pertama yaitu baterai 48V-15Ah yang mampu melaju hingga 55 km dalam sekali pengisian, Baterai 48V-20Ah menawarkan daya jangkau 70 km, dan pilihan baterai tertinggi yaitu 48V-24Ah dengan daya jangkau 80 kilometer.

>>> Honda CBR250RR Punya Warna Baru, Segini Sekarang Harganya

Honda U-BE yang dipasarkan di China
Sepeda motor ini memiliki tiga pilihan baterai

Namun yang paling menarik dari seperti motor ini adalah harga yang ditawarkan. Honda U-BE dibanderol dengan harga RMB 3.099 (sekitar Rp 6 jutaan saja). atau tak lebih setengah harga Iphone 12 yang saat ini bisa didapatkan dengan harga Rp 14 jutaan.

Saat ini, U-BE hanya dijual khusus pasar China. Namun dengan keinginan pemerintah Indonesia untuk menggenjot 13 juta motor listrik dan 2,2 juta mobil listrik pada 2030, tak menutup kemungkinan Honda bakal membawa U-BE ke Indonesia.

>>> Harga mobil Honda dengan promo terbaik hanya di sini 

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top