Honda Rilis #30YearsChallenge Acura NSX dengan Throwback Video

08/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Honda Rilis #30YearsChallenge Acura NSX dengan Throwback Video
Minggu ini menandai ulang tahun ke-30 debut ikon mobil sport Acura NSX yang menggemparkan dunia dengan gaya agresif dan dinamika berkendara yang nyaris sempurna.

Acura NSX merayakan 30 tahun sebagai bagian utama dari sejarah mobil sport terkenal di Chicago Auto Show setelah debut perdana NS-X Concept yang asli pada tahun 1989 lalu. Untuk menandai tonggak sejarah ini, Acura telah merilis video nostalgia. Banyak foto yang mengungkapkan sketsa desain asil, acara pembukaan mobil, serta test drive media pertama di Laguna Seca.

peluncuran pertama Acura NSX tahun 1989

Kemunculan pertama Acura NSX pada tahun 1989

"Sebelum NSX, selalu diasumsikan bahwa kinerja supercar datang dengan harga interior yang nyaman dan drivability sehari-hari," kata Jon Ikeda, Wakil Presiden dan Manajer Umum Acura, dalam perjalanan menyusuri masa lalu Acura. "NSX menghancurkan gagasan-gagasan itu, dan mengangkat standar pada setiap pembuat eksotis dan supercar lainnya, dengan efeknya masih terasa sampai sekarang."

>>> Ingin Fokus Kendaraan Listrik, Mitsubishi Engelberg Tourer Siap Debut di Geneva

Terinspirasi kokpit F-16

NS-X Concept melakukan debut dunia pertama di Drake Hotel Chicago pada 9 Februari 1989. Namun proyek tersebut sudah dimulai pada Januari 1984 ketika Honda bekerja pada mobil sport berpenggerak roda depan baru. Pekerjaan tersebut kebetulan bertepatan dengan tahap awal proyek Acura yang akhirnya tiba di Amerika pada tahun 1986.

desain pertama Acura NSX yang diarsir

Desain pertama Acura NSX

>>> Review Honda NSX 2019: Facelift Ketiga dengan Tweak Dinamis

Pengembangan mesin performa tinggi tersebut akhirnya bergeser untuk menciptakan model penggerak roda belakang bermesin tengah sebagai merek premium baru. Pada musim gugur 1985, pengembangan mobil sport ini pun dimulai dengan sungguh-sungguh.

DImana NS-X Concept terlihat sedikit mirip dengan mobil produksi, NSX lebih pendek, baik secara keseluruhan maupun pada jarak sumbu roda. Sebagian besar karena mobil produksi memiliki tata letak cam overhead tunggal tetapi beralih ke pengaturan cam overhead ganda dengan VTEC di versi final yang membutuhkan lebih banyak ruang.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Pembalap Formula Satu legendaris, Ayrton Senna juga pernah mengendarai prototipe NS-X pada Februari 1989 dan mengatakan rasanya ‘sedikit rapuh’. Pernyataan dari seseorang yang sedemikian penting menyebabkan para teknisi Honda memberi tekanan pada penambahan kekakuan mobil sport tersebut. Upaya itu, termasuk pengujian di Nürburgring, menghasilkan sasis yang 50% lebih kaku.

test drive media pertama dari dua mobil Acura NSX

Test drive media pertama kali dari Acura NSX

Tim Honda Amerika memilih nama NSX sebagai akronim dari “New Sports eXperimental.” Teknisi Honda mengembangkannya sebagai NS-X yang berarti “New Sportscar” dan “X” mewakili simbol matematika umum untuk nilai tidak diketahui. Reaksi terhadap konsep tersebut sangat positif sehingga perusahaan memutuskan untuk mempertahankan nama tiga huruf yang ikonik.

Sebagai bagian dari perayaan 30 tahun, Acura mengadakan diskusi panel pada 7 Februari di Chicago Auto Show tahun ini yang melibatkan Ikeda dan Csaba Csere, mantan pemimpin redaksi majalah Car and Driver. Mereka akan membahas sejarah NSX, termasuk asal-usul dan dampaknya pada perkembangan supercar hingga saat ini.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sound Sitter dari Honda, Mobil-Mobilan Lucu Sekaligus Pereda Tangisan Anak

28/12/2018

Pasar mobil

Jika Anda mencari sesuatu untuk menenangkan bayi Anda sekaligus mengenalkannya pada dunia otomotif, Anda bisa menggunakan Sound Sitter yang diproduksi oleh Honda di Jepang.

Lihat juga

Honda dan General Motors Umumkan Kerjasama Raksasa Mobil Swakemudi

07/10/2018

Pasar mobil

Cruise dan General Motors mengumumkan kerja sama mereka dengan Honda untuk mengembangkan teknologi swakemudi berskala besar untuk beberapa tahun ke depan.

Lihat juga

Gunakan Motor Honda GX390, Perahu ‘Batmobile’ Trydent Boats Pas untuk Liburan

13/09/2018

Pasar mobil

Perahu Mantra yang dibuat oleh Trydent ini menggabungkan desain mobil klasik dan Batmobile kepunyaan Batman dan ditenagai oleh Honda GX390.

Lihat juga

Honda: Program Product Update Inflator Airbag Sudah 50% Terlaksana

19/07/2018

Pasar mobil

Setelah beberapa waktu lalu menegaskan adanya masalah inflator airbag pada mobil Honda, perusahaan asal Jepang tersebut menegaskan bahwa proses perbaikan sudah mencapai 50%.

Lihat juga

Logo Hyundai: Makna Tersembunyi Hingga Kemiripan dengan Honda

10/06/2018

Pasar mobil

Logo pada sebuah perusahaan kadang menyimpan makna bahkan arti tersembunyi. Logo Hyundai misalnya, memiliki makna lebih dalam dibandingkan hanya sekedar akronim perusahaan.

Lihat juga
 
back to top