Honda Ngebet Datangkan Mobil Listrik ke Indonesia

10/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Dalam konferensi pers virtual yang diadakan Senin (9/8), Honda mengkonfirmasi bahwa mereka akan mendatangkan mobil listrik ke Indonesia dalam waktu dekat.

Dengan semakin diterimanya mobil elektrifikasi oleh masyarakat Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Honda di Indonesia kabarnya berniat untuk memperkenalkan salah satu mobil listrik mereka di Tanah Air.

Sejauh ini, Toyota, Lexus, Hyundai, Nissan, Mitsubishi, dan BMW menjadi beberapa pabrikan otomotif besar di Indonesia yang sudah memasarkan mobil listrik mereka.

Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director PT HPM pun mengkonfirmasi keinginan Honda untuk meluncurkan mobil listrik. Namun, ia masih enggan membeberkan detail mobil yang akan diperkenalkan.

>>> Honda HR-V Hybrid Mulai Dijual, Termurah Rp 535 Jutaan

Masih Mempelajari Pasar

Gambar Infrastruktur Mobil Listrik

Infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia masih terbilang minim

Pertanyaan yang berkembang dari minat Honda dalam meluncurkan mobil listrik di Indonesia adalah, mobil mana yang cocok untuk pasar otomotif Tanah Air? Hingga saat ini, PT HPM masih gencar melakukan studi dan riset.

"Kami benar-benar pelajari kebutuhan dan infrastruktur di Indonesia. Kami sangat ingin meluncurkan mobil elektrifikasi yang benar-benar sesuai," ujarnya dalam bincang virtual bersama media (9/8).

Lebih lanjut, Billy mengatakan bahwa saat ini, mobil hybrid dinilai lebih cocok untuk pasar Indonesia. Hal itu ia tangkap dengan melihat perlaku konsumen serta infrastruktur pengisian daya untuk mobil listrik murni masih terbatas.

Apa Mobil Hybrid Honda yang Cocok di Tanah Air?

Hemat kami, ada beberapa mobil hybrid berlambang huruf H yang sudah diluncurkan di pasar otomotif negara lain dan cocok untuk konsumen di Indonesia. Mulai dari Honda CR-V Hybrid, Accord Hybrid, serta HR-V dan City Hatchback e:HEV.

Gambar HR-V e:HEV

Belum lama ini, Honda meluncurkan HR-V e:HEV untuk pasar Eropa

>>> Pemprov DKI Targetkan Formula E Jakarta Digelar Juni 2022

Di antara semua mobil tersebut, rasanya City Hatchback e:HEV berpeluang besar jadi mobil elektrifikasi perdana bagi pabrikan asal Jepang ini.

Apalagi, City Hatchback e:HEV sudah dipasarkan di Thailand, salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki karakter konsumen tak jauh berbeda.

Mobil ini dibekali mesin bensin Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4-ssilinder berkapasitas 1,5 liter bertenaga 97 HP dengan torsi 127 Nm yang dipadukan dengan transmisi Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT).

Gambar City Hatchback e:HEV

Menurut kami, City Hatchback e:HEV paling masuk akal untuk konsumen Indonesia

Mesin tersebut diperbantukan oleh motor listrik dan baterai lithium-ion yang menghasilkan tenaga 107 HP dengan torsi 253 Nm. Dengan sistem hybrid ini, City Hatchback e:HEV dapat meraih efisiensi bahan bakar mencapai 27 kilometer per liter.

Apakah tebakan kami Honda City Hatchback e:HEV menjadi mobil elektrifikasi pertama dari HPM tepat sasaran? Kita tunggu saja tanggal mainnya, siapa tahu ada perkenalannya di GIIAS 2021.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top