Menolak Punah, Honda NSX Akan Terlahir Kembali Menjadi Mobil Listrik?

24/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Honda NSX Type S yang diluncurkan bulan ini kabarnya akan menjadi model terakhir NSX generasi kedua. Bukan berarti NSX selanjutnya tak akan kembali diproduksi.

Honda NSX sepertinya tidak akan kembali mati suri setelah model generasi kedua mendekati masa pensiun dengan Type S sebagai mobil perpisahan. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden dan Brand Officer Acura, Jon Ikeda.

"Jika Anda perhatikan, kami membuat NSX ketika ada sesuatu yang ingin kami katakan. Gen pertama adalah bensin. Gen kedua adalah hybrid. Dan akan ada satu lagi," ungkap Ikeda.

Pernyataan dari Ikeda seakan memberi isyarat bahwa generasi ketiga dari New Sportscar eXperimental tersebut akan menggunakan teknologi powertrain terbaru. Kemungkinan besar, NSX terbaru akan bertransformasi menjadi mobil listrik murni.

>>> Honda NSX Type S Diungkap, Siap Meluncur Bulan Ini

Gambar NSX Gen 1 dan Gen 2

NSX Gen 1 dan Gen 2, bagaimana dengan Gen 3?

Berapa Lama Kita Harus Menunggu Peluncuran Honda NSX Listrik?

Meski sudah memberi sedikit bocoran mengenai masa depan dari sportscar Honda, Ikeda belum menyinggung mengenai linimasa dari kemungkinan NSX listrik tersebut. Apakah mobil tersebut sudah dalam pengembangan? Atau jangan-jangan, kita sudah pernah melihat konsep mobil ini sebelumnya?

Sebelumnya, Acura membutuhkan waktu 11 tahun sejak NSX generasi pertama diskontinu untuk menghidupkan kembali sportscar yang saat peluncurannya membuat Ferrari kalang kabut.

Gambar Konsep NSX Generasi 2

Konsep NSX generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2012

Jadi jangan berharap terlalu banyak bahwa NSX generasi ketiga yang dirumorkan menjadi mobil listrik ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Namun, satu hal yang pasti adalah Acura atau Honda tak pernah mengecewakan dalam membuat halo car mereka. Bahkan NSX generasi kedua yang awalnya dicaci saja, akhirnya dipuji sebagai 'McLaren P1 dengan harga tak sampai setengahnya'.

>>> Honda Siapkan SUV Dengan Styling NSX?

Acura Belum Punya Mobil Listrik

Meski Honda sudah meluncurkan mobil listrik dalam bentuk hatchback mungil, Honda E, Acura sebagai divisi mobil mewah untuk pasar Amerika Serikat justru belum punya produk kendaraan listrik murni.

Gambar Advanced Sports Car Concept

Mungkinkah Advanced Sports Car Concept dihidupkan kembali sebagai NSX generasi selanjutnya?

Mereka tampaknya siap menjadikan NSX sebagai halo car listrik mereka dengan menghidupkan kembal Advanced Sports Car Concept yang pernah mereka perkenalkan pada tahun 2007.

Dari perkenalan tersebut, beredar desas-desus untuk mengembangkannya menjadi kendaraan produksi selama beberapa tahun, tetapi model tersebut tidak pernah diproduksi. Kira-kira, cocok tidak mobil tersebut jika diproduksi menjadi Honda NSX generasi ketiga sebagai supercar listrik?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top