Honda Mobilio dan BR-V Laris Manis Dijual Lewat Online

07/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda Mobilio dan BR-V Laris Manis Dijual Lewat Online
Pemberian subsidi untuk Honda BR-V dan Mobilio lewat penjualan online rupanya cukup berhasil. Dalam catatan Honda 98% penjualan keduanya berasal dari online.

Penjualan mobil secara online bukanlah sesuatu hal baru yang ada di Indonesia. Sebelumnya memang sudah ada beberapa pabrikan yang menawarkan mobil lewat online. Namun peminatnya tak sebanyak konsumen yang pergi ke dealer. 

Sejak adanya penyebaran virus corona, kondisi tersebut berubah. Penjualan mobil online seolah menjadi kenormalan baru di industri otomotif. Untuk itu jalur digital ini semakin dilirik untuk mengakali penjualan mobil karena dealer tutup akibat PSBB. 

>>> Honda Beri Keringanan untuk Pembelian BR-V dan Mobilio Lewat Online

Kontribusi Penjualan BR-V dan Mobilio Lewat Online Cukup Besar

Honda pun tak mau ketinggalan. Bahkan Honda memberikan subsidi khusus bagi dua mobil keluarga andalannya yakni Mobilio dan BR-V bila dibeli melalui online. 

Namun tiap dealer memiliki kebijakannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, besaran diskon untuk Mobilio maupun BR-V berbeda-beda di tiap daerah. 

Nyatanya, program ini cukup diminati. Dalam catatan Honda, baik BR-V dan Mobilio hampir keseluruhan penjualan didapatkan lewat online.

>>> Mitsubishi Xpander GLX, Paling Murah Apa Saja Kelengkapannya?

"Untuk Mobilio dan BR-V dari total penjualannya 98% didapat dari online. Untuk total penjualan online, Brio masih yang terbanyak persentasenya," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy saat dihubungi Cintamobil.com baru-baru ini. 

Honda Brio

Brio geser Avanza jadi mobil terlaris bulan April 2020

Penjualan online Honda tampaknya memang cukup menarik. Diakui Billy, transaksi pembelian mobil secara online sudah mencapai lebih dari 25%. 

>>> Promo Mitsubishi Juni 2020, Beli Xpander dan Pajero Sport Bunga 0 Persen

Meski begitu, Honda tampaknya belum memiliki rencana terdekat untuk memberikan subsidi terhadap model-model lainnya. 

"Semua program penjualan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Akan kami informasikan bila ada program penjualan yang baru nanti ya," jelasnya. 

Penjualan Online Masih Terus Digencarkan

Ke depan, Honda pun masih akan terus melanjutkan penjualan mobilnya lewat online meskipun sudah beberapa dealer mulai kembali beroperasi. 

Honda BR-V

BR-V model terbaru meluncur pada ajang IIMS 2019

Ini juga merupakan salah satu langkah bagi Honda dalam menyambut New Normal atau kehidupan kenormalan baru. Tak cuma penjualan mobil, layanan Home Servis atau servis mobil di rumah juga masih akan dilanjutkan oleh produsen mobil berlogo 'H' ini. 

"Penjualan online merupakan fasilitas untuk mendukung perilaku konsumen yang berubah menuju hidup normal yang baru. Dimana banyak yang menggunakan media digital untuk transaksi pembelian kendaraan," kata Billi.

"Sama seperti penjualan online, home service dan pickup service tentu mempunyai prospek yang baik ke depan karena sangat praktis, mudah, dan mendukung perilaku konsumen yang berubah menuju hidup normal yang baru," pungkas Billi. 

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini 

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top