Honda Mobilio Cuma Terjual 1 Unit pada September, Mau Ada Model Baru?

14/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Distribusi Honda Mobilio pada September 2021 merosot tajam. Tercatat hanya ada 1 unit yang didistribusikan dari pabrik ke dealer, benarkah mau ada model baru?

Distribusi Honda Mobilio pada bulan September 2021 merosot. Dalam catatan penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi wholesales hanya ada 1 unit Honda Mobilio dikirim ke dealer.

Padahal pada bulan sebelumnya Honda mampu mendistribusikan Mobilio sebanyak 387 unit. Tentu torehan ini menimbulkan spekulasi, apa benar Honda Mobilio bakal ada model baru?

Gambar menunjukkan tampilan depan mobil New Honda Mobilio RS CVT 2019 berwarna merah

Honda Mobilio terakhir disegarkan Februari 2019

>>> Gara-gara Ini, Inden Honda Brio di Indonesia sampai 2 Bulan!

Mau Ada Honda Mobilio Baru?

Gelagat kehadiran Honda Mobilio baru terlihat saat BR-V meluncur belum lama ini. Dalam video peluncuran, PT Honda Prospect Motor seolah memberikan isyarat akan kehadiran satu model baru yang diduga Mobilio. Mobil itu terlihat tertutup dengan kain berwarna merah dan hanya menampilkan siluet bodi serta grafis lampu yang menyala. 

Sekilas siluetnya sangat mirip dengan All New BR-V yang baru saja diluncurkan. Sebagaimana diketahui, kedua mobil itu memang berbagi platform. 

Lis krom menjadi pembeda Honda Mobilio 2019 dengan pendahulunya

Mobilio bukan lagi kontributor terbesar dalam penjualan Honda

Minimnya distribusi sebagai sinyal kehadiran model baru juga sempat terlihat pada Honda Jazz yang kemudian digantikan City Hatchback RS. Masih dalam data yang sama, pada Maret distribusi Jazz sudah 0. Di bulan yang sama Honda meluncurkan City Hatchback RS dan baru mendistribusikannya pada April 2021. 

Tak mau terburu-buru mengambil kesimpulan, kami kemudian mengkonfirmasi perihal kehadiran Mobilio terbaru itu langsung ke Honda. Honda menegaskan merosotnya distribusi Mobilio pada September tak berkaitan dengan model baru. Ini rupanya masih ada hubungan dengan krisis chip semikonduktor yang mengganggu produksi mobil Honda di Indonesia. Mobilio pun turut menjadi korban. 

"Karena shortage chip semikonduktor. Kita prioritaskan produksi untuk model yang permintaannya tinggi di tengah tengah terbatasnya komponen yang ada. Karena Honda Brio mempunyai permintaan yang sangat tinggi, kami memprioritaskan produksi model tersebut terlebih dahulu," beber Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM saat dikonfirmasi. 

Tampak depan mobil All New Honda Brio RS 2018 berwarna kuning

Produksi Mobilio mengalah untuk Brio

>>> SUV Listrik Geely Punya Harga Lebih Murah dari Honda Brio

Inden Brio Mengular 2 Bulan

Di Indonesia, pabrik Honda memproduksi sejumlah model yakni Brio, Mobilio, BR-V, HR-V, CR-V, dan City Hatchback RS. Seperti disebutkan sebelumnya model yang merasakan langsung dampak dari kelangkaan chip semikonduktor ini adalah Honda Brio.

Produksi Honda Brio yang terganggu membuat konsumen harus sedikit bersabar hingga dua bulan menunggu kehadiran mobil itu di garasi rumah.

Ya, Honda memang sebelumnya sudah mengungkapkan permasalahan chip semikonduktor ini cukup menganggu aktivitas produksinya di Tanah Air. Kalau biasanya Honda memproduksi rata-rata 10.000 unit mobil per bulan untuk kebutuhan domestik dan ekspor, maka pada September hanya 3.002 unit. 

"Kami mohon maaf bagi konsumen yang sudah booking jadi terpaksa mundur," jelasnya. 

>>>  Jarang Huni Daftar Mobil Terlaris, Apa Kabar Honda Mobilio?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top