Honda Mengumumkan akan Melakukan Recall Terhadap Lima Produk Mobil Mereka

30/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
Honda Mengumumkan akan Melakukan Recall Terhadap Lima Produk Mobil Mereka
Isu recall atau penarikan kembali terjadi lagi pada pabrikan Honda. PT Honda Prospect Motor (HPM) secara diam-diam telah melayangkan surat pemberitahuan recall terhadap empat produknya, Mobilio, Brios, BR-V dan HR-V keluaran tahun 2014-2017.

Dihubungi oleh CNN Indonesia pada hari Jumat kemarin, Marketing dan After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy menyarankan kepada para pemilik mobil untuk menghubungi dealer resmi Honda. Selain itu, pemilik mobil bisa juga menghubungi Call Center Honda di Indonesia 0-800-11-22-789 untuk menanyakan tentang bagian yang mengalami kerusakan.

Recall mobil Honda ini ditenggarai dikarenakan masalah pada sistem pengereman mobil. Jonfie menjelaskan bahwa kerusakan pada bagian master silinder dan master power yang diproduksi di Indonesia. Kerusakan ini diakibatkan adanya keteledoran yang disebabkan oleh vendor lokal pembuat bagian tersebut, meskipun dia tidak membocorkan nama vendor tersebut.

Gambar yang menunjukan bagian rem pada mobil Honda

Penarikan kembali dilakukan karena ada masalah pada sistem rem

Kepada CNN Indonesia, Jonfis mengatakan bahwa, “[Penarikan ini dilakukan] supaya menjamin konsumen mendapatkan kualitas dan keamanan maksimal. Itu memang haknya mereka ketika mereka memiliki mobilnya.”

>>> Baca juga review All New Honda City 2018 yang bebas dari recall

Mobil Honda yang mengalami recall disebutkan yaitu Honda Brio produksi 2014-2017, Honda Mobilio produksi 2014-2017, Honda Jazz tahun 2014-2017, Honda HR-V tahun 2014-2017 dan terakhir Honda BR-V tahun produksi 2015-2017.

Honda Mobilio tahun produksi 2017 berwarna silver dengan background putih

Honda Mobilio, salah satu produk yang dikenai recall

Kampanye Product Update (PUD) dilakukan Honda sebagai langkah pencegahan sebelum kerusakan pada bagian sistem pengereman menimbulkan kecelakaan atau kejadian tidak terduga di jalanan. Masa kampanye ini dilakukan selama 6 bulan yang dimulai dari tanggal 26 Januari kemarin hingga berakhir pada tanggal 26 Juli nanti.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Dalam pernyataan resminya, Jonfis juga mengatakan bahwa, ”Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan seluruh produk berada dalam standar tertingginya, dalam hal keamanan dan kualitas. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan.”

Gambar yang menunjukan salah satu gedung dealer resmi mobil Honda

Perbaikan bisa dilakukan di dealer resmi Honda terdekat

Pengumuman tentang penarikan kembali ini bukan pertama kali dilakukan oleh Honda pada Januari ini. Tahun lau, Honda Brio juga diketahui memberikan pernyataan kentang recall Honda Brio RS oleh salah satu dealer resmi Honda.

Recall mobil Honda dan perbaikan akan dilakukan secara gratis di seluruh dealer resmi Honda di kota anda. Karena itu, jika anda merupakan pemilik mobil Honda yang disebutkan di atas, anda bisa membawa mobil anda untuk diperiksa dan mendapatkan perawatan.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post: