Honda Mengembangkan Pabrik Baterai Lithium Ion di India

11/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
Honda Mengembangkan Pabrik Baterai Lithium Ion di India
Produsen mobil Jepang, Honda, melihat adanya potensi di India dengan mendirikan unit produksi baterai lithium ion. Honda Cars India Ltd., unit India selanjutnya akan mengidentifikasi jenis kendaraan listrik yang ingin dibuat oleh perusahaan lokal, menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Rencana ini dibahas pada rapat dewan Honda India baru-baru ini dan mereka akan membuat sebuah keputusan tapi masih menolak untuk mengungkapkan investasi yang akan dilakukan. Perusahaan induk yang berada di Jepang juga ikut terlibat aktif dalam merancang strategi kendaraan listrik Honda untuk pasar India.

Mobil Honda Clarity berwrna merah yang diambil dari belakang

Honda berencana mengembangkan pabrik baterai lithium ion di India

Aliansi Demoktarik Nasional (The National Democratic Alliance) di India menginginkan kendaraan listrik berada pada jalanan India pada tahun 2030. Keputusan ini juga menandai bagian dari komitmen India untuk mengurangi emisi gas rumah kaca bedasarkan kesepakatan global mengenai perubahan iklim.

>>> Baca juga Honda, Tesla dan BMW terpilih sebagai mobil paling dicintai

Selain itu, pemerintah India juga menginginkan pengeluaran pengeluaran dari impor minyak yang diperkirakan dapat mencapai dua kali lipat sampai $300 Milliar pada tahun tersebut.

Baterai Lithium Ion berwarna putih yang sedang dipasang pada sebuah mobil

Mobil berbaterai lithium ion diprediksi akan mendominasi penjualan Honda

Berdasarkan analisis yang dilihat oleh Honda, pada tahun 2030, mobil listrik akan mencakup 65% dari keseluruhan penjualan Honda. Dari keseluruhannya, 15% dari kendaraan yang terjual merupakan kendaraan listrik murni dan selebihnya merupakan kendaraan hybrid, plug-in hybrid, dan kendaraan berbahan bakar sel.

>>> Baca juga berita perkembangan pasar mobil lainnya disini

Saat ini, penjualan Honda di unit India merupakan yang keempat terbesar setelah Amerika, China dan Jepang. Pada bulan Juli, Honda Motor memutuskan untuk membentuk usaha patungan dengan Hitachi Automotive Systems Ltd. untuk mengembangkan motor untuk kendaraan listrik. Hitachi mendapatkan bagian saham 51% di perusahaan patungan tersebut sementara Honda memiliki 49% saham.

CEO Hitachi di sebelah kiri dan CEO Honda di sebelah kanan sedang berjabat tangan

CEO Honda dan Hitachi sebelumnya juga sudah melakukan kerjasama

Sepertinya pasar India merupakan komoditas besar untuk pasar otomotif di Asia bahkan dunia. Pada bulan Februari, Suzuki Motor Corp. dan Toyota Motor Corp. berkumpul untuk membuat mobil listrik kecil di India.

Selain itu, Honda India telah merancang rencana untuk mengadopsi teknologi kendaraan hibrida setelah harga model naik setelah Goods and Services Tax (Pajak Barang dan Jasa) yang diimplementasikan pada 1 Juli tahun lalu.

>>> Baca juga berita mobil lainnya disini

Share this post: