Honda Mean Mower V2: Mesin Potong Rumput Tercepat Di Dunia

13/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Honda Mean Mower V2: Mesin Potong Rumput Tercepat Di Dunia
Apa jadinya jika Anda mengawinkan sebuah mesin potong rumput dan sport bike? Voila! Jadilah mesin potong rumput tercepat di dunia.

Mari berkenalan dengan Honda Mean Mower V2, sebuah proyek ambisius dari Honda UK yang membangun sebuah mesin potong rumput bertenaga bengis demi menyabet penghargaan Guinness Book of World Records sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia.

Honda Mean Mower V2 dinobatkan sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia

Bentuk Honda HF 2622 Lawn Tractor sebagai mesin potong rumput tetap dipertahankan

>>> Artikel terkait lainnya:

Persaingan dalam membuat mesin potong rumpur tercepat di dunia ini bermulai sejak tahun 2014. Saat itu, Honda UK berhasil membuat Honda Mean Mower yang berhasil mencetak rekor sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia dengan menembus kecepatan puncak di angka 116,575 mph atau sekitar 187,6 km/jam dengan menggunakan mesin berkapasitas  1.000 cc dari sport bike dari Honda VTR1000F Firestorm. Namun rekor tersebut hanya bertahan sekitar dua tahun hingga sebuah tim asal Norwegia, The Norwegian Speed Factory Team, berhasil memecahkan rekor sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia dengan menggunakan mesin V8 LS3 berkapasitas 6.200 cc bertenaga 436 hp. Mesin potong rumput tersebut dinamakan Viking T6R, yang berhasil menorehkan kecepatan puncak di angka 134 mph atau sekitar 215,6 km/jam.

Honda Mean Mower V2 mendapatkan sedikit modifikasi

Honda Mean Mower V2 kini menggunakan sasis semi tubular demi mengejar bobot lebih ringan dan rigid

>>> Berita pasar mobil terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Ambisi Honda UK untuk kembali menyabet tahta sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia tampaknya belum pupus, dengan memperkenalkan Honda Mean Mower V2 yang diklaim memiliki tenaga lebih beringas. Honda Mean Mower V2 dibangun dengan menggunakan mesin potong rumput yang cukup populer, yakni Honda HF 2622 Lawn Tractor. Namun Honda UK sedikit memodifikasi pada bagia sasis dengan konstruksi semi tubular dengan menggunakan baja T45 yang lebih kuat. Untuk mengimbangi tenaga brutal, tak lupa dipasangkan pelek custom yang dibalut ban slick dari Hoosier dan sistem pengereman dari Kelgate.

Honda Mean Mower V2 dan Honda CBR1000RR Fireblade SP

Mesin Honda Mean Mower V2 menggunakan bawaan sport bike Honda CBR1000RR Fireblade SP dan transmisi sequensial 6 percepatan

>>> Sedan dengan aura sporti dan mudah dimodifikasi? cek harga terbaik dari Honda Civic di sini

Tujuan dari upgrade tersebut tak lain untuk menyambut mesin baru yang diambil dari sport bike Honda CBR1000RR Fireblade SP. Mesin 4 silinder berkapasitas 999 cc ini mampu menyemburkan tenaga mencapai 189 hp dan torsi 120 Nm. Tenaga tersebut terhitung sangat besar jika dibandingkan dengan bobot Honda Mean Mower V2 yang hanya berkisar 140 kg.

Jessica Hawkins, pengemudi Honda Mean Mower V2

Jessica Hawkins, pembalap dan stunt rider wanita dipercaya sebagai pengemudi Honda Mean Mower V2 

Sebagai ajang pembuktian, Honda UK memiliki trek Dekra Lausitzring, dekat Dresden, Jerman sebagai ajang pemecahan rekor sebagai mesin potong rumput tercepat di dunia. Pengemudinya sendiri dipilih Jessica Hawkins, yang juga berhasil membuat Honda Mean Mower memecahkan rekor pada 2014 lalu. Alhasil, Honda Mean Mower V2 mampu melesat dari kecepatan 0 hingga 160 km/jam hanya dalam waktu 6,29 detik dengan kecepatan puncak mencapai 151 mph atau sekitar 243 km/jam! Akhirnya Honda Mean Mower V2 kembali meraih tahta sebagai mesin potong rumur tercepat di dunia menurut Guinness Book World of Records.

>>> Baca juga berita terkini dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

 
back to top