Honda Masih Pelajari Mobil Listrik yang Pas Buat Dijual di Indonesia

18/11/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Honda Masih Pelajari Mobil Listrik yang Pas Buat Dijual di Indonesia
PT Honda Prospect Motor tak mau terburu-buru dalam meluncurkan mobil listrik di Indonesia. Honda masih mempelajari mobil listrik yang pas dijual di Indonesia.

Bicara soal kendaraan elektrifikasi, Honda bukanlah yang terbelakang. Honda memiliki sejumlah model mobil yang dibekali tenaga listrik berjenis hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik sekalipun. Namun yang dijual di Indonesia modelnya masih terbilang minim. 

Padahal, PT Honda Prospect Motor sempat menjual CR-Z bertenaga hybrid dan cukup laris pada masanya. Sayang mobil mungil ramah lingkungan itu tak lagi dijual di Indonesia.  

>>> Mobil Baru Honda Mana yang Akan Meluncur di Indonesia?

Ogah Terburu-buru

Tapi semakin ke sini Honda tak kunjung mengenalkan jenis mobil listrik lainnya untuk masyarakat Indonesia. Sekadar perbandingan, sesama merek Jepang Toyota justru terlihat lebih aktif dalam menjual mobil hybrid di pasar otomotif Indonesia.

Honda CR-Z Hybrid

Honda CR-Z hybrid pernah dijual di Indonesia

Toyota bahkan saat ini telah memiliki empat model mobil hybrid seperti Camry, C-HR, Corolla Cross, dan juga Corolla Altis. Kalau Toyota masih berkutat dengan mobil hybrid, Hyundai malah selangkah lebih maju. Pabrikan asal Negeri Ginseng ini bahkan sudah merilis dua mobil listrik murni di Indonesia lewat Kona Electric dan juga Ioniq Electric.

Kemudian kalau di segmen premium ada BMW yang cukup gencar menawarkan mobil ramah lingkungan berteknologi plug-in hybrid. BMW juga telah memiliki mobil bertenaga listrik murni yakni i3s.

Usut punya usut Honda tak mau salah langkah. Honda saat ini tengah melakukan studi guna mencari jenis dan model mobil listrik yang pas untuk nantinya dijual di Indonesia. 

"Kami sudah mulai, tadinya teknologi yang paling sesuai itu apa sih untuk konsumen, infrastruktur bagaimana regulasi bagaimana? Kami masih studi mana yang cocok," ujar Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam kesempatan konferensi pers virtual baru-baru ini. 

>>> Honda City Hatchback Meluncur di Thailand 24 November

Masih Terus Studi

Billy lebih lanjut menjelaskan bahwa prinsipal Honda di Jepang telah memiliki target perihal kendaraan elektrifikasinya di dunia. Honda menargetkan 2/3 dari total produksi secara global merupakan kendaraan elektrifikasi.

Mobil listrik Honda

Mobil bertenaga listrik Honda e yang sudah mengaspal di Jepang dan beberapa negara Eropa

Maka dari itu Honda tengah menyusun strategi agar bisa menentukan mobil listrik yang pas untuk dijual di Indonesia. 

"Jadi saat ini Honda sudah mempunyai teknologi yang ramah lingkungan mulai dari hybrid. Plug in, fuel cell, full battery, jadi untuk pasar Indonesia ini kami terus melakukan studi, untuk menentukan teknologi mana yang sesuai dengan kondisi infrastruktur dan regulasi pemerintah. Jadi kami masih studi dan akan kami luncurkan di saat yang tepat," tuturnya. 

>>> Bagaimana Nasib Mobil Bensin di Kancah Industri Otomotif Indonesia Tahun 2025?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Berapa Konsumsi BBM Honda Freed di Indonesia?

16/11/2020

Jual beli

8 menit

Konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) masih menjadi hal yang sensitif dan ikut diperhitungkan saat membeli mobil. Bukan cuma mobil baru, namun mobil bekas pun demikian, termasuk mengetahui konsumsi BBM Honda Freed.

Lihat juga

5 Halte Transjakarta Punya Fasilitas Cuci Tangan Mirip Dasbor Mobil Honda

17/11/2020

Event - Promosi

5 menit

Komunitas mobil Honda baru-baru ini melakukan aktifitas sosial dengan menyumbangkan fasilitas cuci tangan yang menyerupai dasbor mobil di 5 halte Transjakarta.

Lihat juga

Honda City Hatchback Meluncur di Thailand 24 November

13/11/2020

Mobil baru

2 menit

Setelah sebelumnya desain patennya sempat bocor di media sosial, Honda City Hatchback tak lama lagi akan dirilis di Thailand pada 24 November mendatang.

Lihat juga

Honda CR-V Facelift Resmi Dijual Di Negeri Jiran

07/11/2020

Mobil baru

3 menit

Dengan mengusung teknologi terdepan Honda Sensing, akhirnya Honda CR-V Facelift resmi mengaspal di negeri Jiran Malaysia, siap masuk Indonesia awal 2021?

Lihat juga

Honda BR-V Lebih Banyak Digunakan Konsumen Fleet Ketimbang Pribadi

30/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Penjualannya Honda BR-V memang tak terlalu cemerlang, kontribusinya pun disebut tak besar. BR-V rupanya lebih banyak ditaksir konsumen fleet ketimbang pribadi.

Lihat juga
 
back to top