Honda Lakukan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

11/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menyusul rencana peluncuran Cruise Origin, Honda memulai program pengujian resmi mobil tanpa sopir tersebut bersama dengan Cruise dan General Motors (GM).

Melanjutkan kolaborasinya dengan Cruise dan General Motors tentang proyek kendaraan otonom, Honda mengumumkan dimulainya pengujian resmi mobil tanpa sopir tersebut pada Rabu, (8/9/2021).

Tes di jalan umum

Tidak tanggung-tanggung pengujian bakal dilakukan di jalan umum di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi Jepang pada 2022.

Sebagai langkah awal, Honda melakukan pemetaan peta dengan kualitas definisi tinggi yang akan dibuat menggunakan armada khusus, Cruise AV. Mobil ini bakal dikendarai berkeliling Utsunomiya dan Haga, mencatat segala yang diperlukan meliputi kondisi lalu lintas serta undang-undang dan peraturan yang terkait.

>>> Honda Kolaborasi Kembangkan Cruise Origin Sebagai Mobil Otonom

Foto menunjukkan mobil Cruise AV

Armada khusus untuk pemetaaan mobil otonom Honda

Selain pemetaan, Honda juga melakukan uji coba operasional kendaraan di lokasi baru yang didirikan di area pabrik Honda Tochigi.

Segmen Mobil Otonom

Honda mulai masuk segmen mobil otonom. Keseriusannya ditunjukkan dengan pengumuman kolaborasi dengan Cruise, perusahaan mobil self-driving asal Amerika dan General Motors untuk pengembangan mobil tanpa sopir tersebut awal tahun ini.

Adalah Cruise Origin, mobil otonom pertama yang dikembangkan. Mobil ini direncanakan segera masuk pasar khususnya bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom (Maas). Rencananya operator bakal dipegang Honda Mobility Solutions yang merupakan anak perusahaan Honda.

Tidak ada setir, kaca spion, dan pedal karena mobil ini mengemudi sendiri. Untuk akses hanya ada 2 pintu di samping kiri dan kanan yang terbuka dari tengah.

Di bagian interior, kursi penumpang dibuat berhadap-hadapan depan dan belakang sehingga menciptakan ruang kabin yang lebih luas dan ruang kaki yang lapang.

>>> Honda Temukan Cara Berkendara Baru Lewat Konsep Augmented Driving

Gambar menunjukan Mobil otonom

Cruise Origin, mobil otonom Honda bakal diluncurkan tahun depan

Overall, Cruise Origin didesain untuk menciptakan kesenangan dalam mobilitas kehidupan sehari-hari, sebagaimana pernah disampaikan President & Representative Director, Honda Motor Co, Ltd, Takahiro Hachigo.

“Kolaborasi dengan Cruise ini akan memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang kami perjuangkan melalui Visi Honda 2030 dalam melayani orang-orang di seluruh dunia dengan kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka.” kata Takahiro awal tahun ini.

>>> Cari mobil Honda, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top