Honda Kembangkan Sistem Navigasi Berbasis Sepatu untuk Tunanetra

13/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Honda umumkan pendirian Ignition, program kreasi bisnis baru yang bergerak untuk kembangkan sistem navigasi berbasis sepatu untuk penyandang tunanetra.

Honda mengumumkan pendirian usaha bisnis  Ignition yang bertujuan mengembangkan sistem navigasi di dalam sepatu bernama Ashirase untuk mendukung tunanetra dengan berjalan kaki. Rencananya produk yang dihasilkan akan dijual mulai 31 Maret 2023 mendatang.

Gambar menunjukan Navigasi sepatu

Hadirkan keselamatan dan ketenangan pikiran bagi para tunanetra

>>> 5 Rekomendasi Aplikasi GPS Terbaik untuk Mobil Anda

Membantu Tunanetra Berjalan

Ashirase merupakan sistem navigasi yang terdiri dari aplikasi smartphone dan perangkat getaran tiga dimensi termasuk sensor gerak, yang terpasang di dalam sepatu. Berdasarkan rute yang disetel dengan aplikasi, perangkat bergetar untuk menyediakan navigasi. Ketika pengguna harus berjalan lurus, vibrator yang berada di bagian depan kaki bergetar, dan ketika pengguna mendekati belokan kanan atau kiri, vibrator di sisi kanan atau kiri bergetar untuk memberitahu pengguna. 

Sistem navigasi yang disediakan oleh Ashirase ini memungkinkan pemahaman intuitif tentang rute, dan oleh karena itu pengguna tidak harus selalu memperhatikan arah, yang memungkinkan pengguna untuk berjalan lebih aman dan dengan kondisi pikiran yang lebih santai. Ashriase dikembangkan sebagai produk yang membantu pengguna mencapai tujuan mereka dengan aman dan memiliki gaya hidup yang lebih mandiri.  

“Kecelakaan yang dialami oleh salah satu anggota keluarga saya memotivasi saya untuk mengambil tindakan untuk mewujudkan mobilitas yang lebih aman dan lebih bebas bagi penyandang tunanetra. Saya mengembangkan Ashirase dan menerapkannya pada IGNITION, program penciptaan bisnis baru Honda, yang mengarah pada pendirian Ashirase, Inc." kata Wataru Chino, Direktur Perwakilan Ashirase, Inc dalam keterangan tertulisnya.

"Saya yakin bahwa kita akan menghadapi banyak kendala saat kita bekerja menuju peluncuran pasar Ashirase; namun, kami akan mengatasi hambatan tersebut satu per satu dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati untuk mewujudkan kebebasan mobilitas bagi penyandang tunanetra.” tutupnya.

Gambar menunjukan teknologi honda

Ropot membantu anak-anak dalam meyebrang jalan

>>> Kenali & Pahami Fitur Sistem Infotainment Canggih MZD Connect dari Mazda

Inovasi Ini Bukan yang Pertama dari Honda

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Honda bukan hanya pembuat mobil. Honda juga merupakan perusahaan teknologi yang terus-menerus mengembangkan produk yang bertujuan untuk membantu berbagai lapisan masyarakat.

Tahun lalu, Honda memperkenalkan Ropot yang merupakan peringatan titik buta untuk anak-anak berusia 7 tahun di Jepang saat berjalan. Semua perangkat teknologi ini muncul dari kebutuhan, dengan Ropot berasal dari banyaknya kecelakaan yang melibatkan anak-anak saat berjalan.

>>> iOS Baru Bikin Baterai iPhone Cepat Terkuras Saat Terkoneksi Apple CarPlay

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top