Honda Jazz Juga Disuntik Mati di Filipina

14/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sama halnya dengan pasar otomotif di Indonesia. Honda Jazz juga akan disuntik mati di Philipina produksinya digantikan Honda City hatchback.

Video Honda City Hatchback oleh tim Cintamobil TV

Honda mengumumkan bahwa Jazz atau Fit akan dihentikan produksinya di Filipina. Rencana ini cukup mengherankan karena belum lama ini Honda Cars Philippines mengenalkan Jazz generasi terbaru yang terinspirasi dari crossover di Tokyo Motor Show 2019.

>>> Menaksir Harga Honda City Hatchback RS di Indonesia, Lebih Murah dari Jazz?

Gambar menunjukan Honda Jazz

Honda Fit generasi terbaru meluncur di Jepang tahun 2019 lalu

Honda Jazz Sudah Berusia 17 Tahun di Philipina

Honda Jazz pertama kali diluncurkan di Filipina pada Juli 2004. Itu berarti model tersebut akan merayakan ulang tahunnya ke-17 di tahun ini. Secara internasional, Jazz akan berusia 20 tahun saat pertama kali diluncurkan sebagai Honda Fit di Jepang pada Juni 2001 silam.

Ada tiga generasi yang tersedia secara lokal di Filipina. Generasi pertama tersedia pada tahun 2004, diikuti oleh model generasi kedua pada tahun 2008, dan model generasi ketiga pada tahun 2014.

"Jazz telah menjadi papan nama yang luar biasa di pasar Filipina selama sekitar 13 tahun. Namun, karena kami terus menekankan pada pemenuhan permintaan pasar, kami telah mempelajari secara menyeluruh kebutuhan model dalam jajaran model kami saat ini. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami ingin secara resmi mengumumkan penghentian Jazz dan semua variannya, agar kami dapat mengalihkan fokus dan sumber daya kami ke model yang akan datang," kata Masahiko Nakamura, presiden Honda Cars Philippines seperti dikutip dari laman Autoindustriya.

Honda Cars Philippines mengatakan mereka telah menjual lebih dari 25.000 unit Jazz di pasar lokal selama tiga generasi. Sampai saat ini Honda Jazz akan terus dijual di Filipina selama persediaan di dealer masih ada.

>>> Modifikasi Mobil Honda  Jazz: Apa Saja yang Bisa Diubah?

Gambar menunjukan Honda City hatchback

Tampilan Honda City hatcback

Honda City Hatchback Akan Menjadi Penggantinya

All New Honda City hatchback dikabarkan akan menjadi pengganti Honda Jazz di Philipina. Menurut media setempat desas-desus pengganti Jazz itu sudah terdengar sejak Januari 2020 ketika informasi dokumen internal yang merinci bahwa Honda Thailand akan mengekspor varian 5 pintu City untuk pasar Filipina.

Informasi seputar Honda City hatchback masih ditutup rapat pada saat itu, tetapi pada November 2020 Honda Cars Philippines menunjukkan hatchback City benar-benar akan masuk untuk menggantikan Jazz.

Autoindustriya juga sebelumnya telah mendapat konfirmasi tidak resmi dari presiden Honda Cars Philippines Nakamura bahwa Honda berencana meluncurkan City Hatchback tahun ini.

>>> Dapat Diskon PPnBM Harga Honda City Hatchback RS Di Bawah Rp 300 Juta

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top