Honda dan General Motors Umumkan Kerjasama Raksasa Mobil Swakemudi

07/10/2018

Pasar mobil
Cruise dan General Motors mengumumkan kerja sama mereka dengan Honda untuk mengembangkan teknologi swakemudi berskala besar untuk beberapa tahun ke depan.

Dalam pernyataan resmi Honda, Cruise dan General Motors akan mendanai dan mengembangkan teknologi swakemudi yang dibuat khusus untuk melayani berbagai macam penggunaan dan diproduksi dengan volume tinggi untuk penyebaran global. Selain itu, GM dan Honda akan mengeksplorasi peluang global untuk penyebaran jaringan komersial Cruise.

Gambar yang menunjukan logo Honda

Honda akan menyuplai dana untuk pengembangan kendaraan swakemudi

Honda akan menyumbang sekitar $ 2 miliar selama 12 tahun dalam kerja sama ini, bersama dengan investasi ekuitas $ 750 juta di Cruise, membuat komitmen total pendanaan proyek ini menjadi $ 2,75 miliar. Selain investasi SoftBank yang baru-baru ini diumumkan, transaksi ini menghasilkan valuasi Cruise hingga $ 14 miliar.

>>> Honda Brio Absen, HR-V Beri Kontribusi Penjualan Terbesar Honda Bulan September 2018

"Ini adalah langkah logis berikutnya dalam General Motors dan hubungan Honda, mengingat kerjasama kami pada kendaraan listrik, dan integrasi erat kami dengan Cruise," kata Ketua dan CEO General Motors Mary Barra dalam keterangan resminya.

Gambar yang menunjukan mobil swakemudi Cruise

Cruise merupakan pengembang layanan swakemudi dari General Motors

>>> Ingin membeli mobil Honda baru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

"Bersama-sama, kami dapat menyediakan Cruise dengan keahlian desain, rekayasa, dan manufaktur terbaik di dunia, dan jangkauan global untuk menetapkan mereka sebagai pemimpin dalam teknologi kendaraan otonom - sementara mereka bergerak untuk mengerahkan kendaraan self-driving dalam skala besar."

Kesepakatan besar ini bisa memiliki efek riak. Honda beberapa saat lalu digosipkan untuk berunding dengan Waymo, unit self-driving dari perusahaan induk Google, Alphabet untuk membangun sebuah mobil pengantar berteknologi swakemudi. Waymo saat ini sedang mempersiapkan layanan komersial pertama di Phoenix yang menampilkan minivan tanpa pengemudi akhir tahun ini.

>>> Dapatkan semua berita pasar mobil internasional hanya di sini

Honda Executive Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Perwakilan COO Honda Seiji Kuraishi menggambarkan kemitraan ini sebagai hasil kesepakatan yang eksklusif. "Kami akan melengkapi kekuatan mereka melalui keahlian kami dalam efisiensi dan desain ruang untuk mengembangkan kendaraan swakemudi bersama yang paling diinginkan dan efektif."

Gambar yang menunjukan penumpang yang akan masuk ke kendaraan swakemudi Cruise

Cruise akan mengembangkan kendaraan transportasi bertekenolgi tanpa sopir

Dengan komitmen untuk meluncurkan mobil tanpa pengemudi sepenuhnya dalam jangka waktu pendek, GM berusaha mengungguli saingan lama dan baru yang semakin kompetitif untuk membangun mobil robot. Saingan sesama perusahaan Amerika, Ford, mengatakan akan membangun mobil swakemudi tanpa setir atau pedal pada 2021.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top