Honda City Hatchback RS Meluncur di Indonesia Tanpa Mesin Turbo

03/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Honda City Hatchback RS Meluncur di Indonesia Tanpa Mesin Turbo
Honda City Hatchback RS akhirnya diluncurkan di Indonesia. Mobil terbaru dari Honda yang siap bersaing di segmen hatchback tanpa mengusung mesin turbo.

Memasuki bulan ketiga tahun 2021, PT Honda Prospect Motor terlihat makin agresif meluncurkan mobil baru.

Setelah sebelumnya merilis tiga mobil sekaligus, tak lama berselang Honda kembali meluncurkan mobil teranyarnya City Hatchback. City Hatchback pertama kali menyapa Thailand pada akhir November 2020.

Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Siap bersaing dengan para rival di segmen hatchback

>>> Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Honda City Hatchback Berdampingan dengan Jazz

Empat bulan setelahnya, City Hatchback akhirnya juga dirilis di Indonesia dan siap bersaing dengan para rivalnya. 

"Saya kenalkan Honda City Hatchback RS di Indonesia," tutur Takehiro Watanabe selaku Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor dalam sesi peluncuran virtual, Rabu (3/3/2021). 

Varian hatchback melengkapi keluarga Honda City yang sebelumnya sedan. Secara desain, City Hatchback memiliki tampilan sporty sesuai ciri khas jenama asal Jepang tersebut. Secara dimensi memang City Hatchback ini lebih pendek 159 mm dibandingkan dengan model sedannya untuk trim RS dan 208 mm untuk tipe S+ dan SV. Namun demikian City Hatchback tetap mempertahankan wheelbase yang sama panjangnya dengan versi sedan.

Honda City Hatchback

Interior City Hatchback

City Hatchback menggendong mesin 1.500 cc DOHC dengan teknologi katup variabel i-VTEC. Tenaga dari mesin itu disalurkan lewat roda depan melalui transmisi CVT berteknologi Earth Dreams. Khusus di Indonesia, ada juga pilihan transmisi manual enam percepatan. Di Thailand ada empat tipe City Hatchback yang ditawarkan yakni S, V, SV, dan RS. Sementara di Indonesia hanya ada City Hatchback RS. 

Honda City Hatchback

Di Thailand terdapat pilihan mesin turbo

>>> Melirik Mesin 1.500 cc yang Diusung City Hatchback

Fitur Honda City Hatchback RS

Fitur di dalam City Hatchback RS yang dijual di Indonesia antara lain Full LED headlight, LED fog light, black door mirror, 16 sporty alloy, black shark fin, LED high mount stop, rear combination lamp, rear parking sensor, heat rejecting green tinted glass, remote engine start yang mampu menyalakan mesin dari jarak jauh. 

Kemudian di bagian dalam mobil, Honda telah menyematkan layar sentuh berukuran 8 inchi sebagai sistem hiburan, Honda Connect, dan juga dekorasi interior yang didominasi warna serba hitam. Desain interior sporty dilengkapi teknologi modern one push ignition system, sporty MID, premium confor, jahitan merah di jok setir, tilt telescopic steering wheel driver, hingga height seat adjuster.

 

Honda City Hatchback

Tampilan belakang City Hatchback

Dari sisi fitur, City Hatchback RS dilengkapi dengan 6 airbag, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal Automatic saat melakukan pengereman dadakan, Isofix dan Child Anchor, Multi-angle Rearview Camera, Paddle Shift, ABS, EBD+BA, Brake Override system, Vehicle Stability Assist. Hill Start Assist, dan seatbelt reminder. Soal harga Honda mengatakan bahwa baru akan diumumkan pada April. 

>>> Penjualan Honda Jazz Masih Moncer, Jadi Disetop Atau Tetap Lanjut?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top