Ini Perbedaan Mid-Size Sedan, Honda Accord vs Toyota Camry

29/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Diluncurkan pada tahun 2019 generasi terbaru Honda Accord dan Toyota Camry membawa kemewahan dan fitur canggih. Apa saja perbedaan Honda Accord vs Toyota Camry? Bersama Herti content writer dari Cintamobil.com kita analisis dan bandingkan.

Pilihan mobil segmen sedan di Indonesia memang tak sebanyak mobil MPV atau SUV. Namun, untuk Anda yang mendambakan perjalanan super nyaman dengan desain mobil memukau, sedan seperti Honda Accord dan Toyota Camry bisa jadi pilihan.

Tahun 2019 menjadi tahun penting bagi mobil mid-size sedan, karena dua mobil asal Jepang, yakni Honda Accord dan Toyota Camry diluncurkan sebagai generasi terbaru yang membawa kemewahan dan fitur canggih. Lantas, apa saja perbedaan antara Honda Accord vs Toyota Camry? Simaklah bandingkan Cintamobil.com di bawah ini.

Varian Honda Accord dan Toyota Camry

Toyota Camry

Generasi pertama Toyota Camry

Hadir sejak tahun 1982 di pasar mobil Indonesia, Toyota Camry pertama kali dijual di Jepang sebagai penerus sedan Toyota Corona yang tentunya menjadi musuh bebuyutan Honda Accord. Kala itu, Toyota Camry hadir dengan desain kotak dengan beberapa tipe, mulai dari sedan 4 pintu dan liftback 5 pintu sebagai generasi pertamanya. Sejak kehadirannya Toyota Camry sudah mengalami banyak ubahan hingga ke generasi delapan.

Camry generasi delapan yang awalnya dijual di Jepang pada 2017, hadir di Indonesia pada Januari 2019. Saat ini Toyota Camry tersedia dalam 3 varian, yakni All New Camry 2.5 G A/T, All New Camry 2.5 V A/T, dan 2.5 L A/T Hybrid.

Sementara Honda Accord menjadi salah satu sedan tertua yang masih diproduksi hingga saat ini. Awalnya, Honda Accord pertama kali diluncurkan sebagai mobil hatchback 3-pintu pada 1976. Tiga tahun kemudian, Accord menjadi sedan 4-pintu yang menggunakan mesin 1.6 L dengan tenaga 68 hp. Saat ini Honda Accord sudah memasuki generasi ke sepuluh dan hanya memiliki satu varian saja, yakni All New Honda Accord 2.4 VTi L.

>>> Komparasi Toyota Camry 2019 VS Honda Accord 2019 : Adu Fitur & Teknologi Sedan Mid-Size Negeri Sakura

Dimensi Honda Accord dan Toyota Camry

Honda Accord vs Toyota Camry

Honda Accord vs Camry memiliki perbedaan dimensi sedikit

Honda Accord dan Toyota Camry memiliki perbedaan dari sisi dimensi. Jika dilihat sepintas, keduanya nyaris serupa. Hanya saja jika Anda mencari mobil dengan kabin yang lebih lapang, Honda Accord memiliki dimensi yang lebih besar.

All New Accord memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi masing-masing itulah  4.894 mm x 1.862 mm x 1.450 mm dengan wheelbase 2.830 mm. Sedangkan dimensi Toyota Camry memiliki panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 dengan wheelbase 2.825 mm.

Eksterior Honda Accord vs Toyota Camry

Toyota Camry 2019

Toyota Camry menggunakan velg 17 inch

Tak hanya perbedaan dari sisi dimensi saja, Honda Accord dan Toyota Camry terbaru memiliki perbedaan dari sisi velg. Sayangnya Toyota Camry harus mengakui kekalahan dari Honda Accord dari penggunaan velg. Jika Toyota Camry menggunakan velg 17 inci, Honda Accord menggunakan velg 18 inci.

Perbedaan dari sisi eksterior lainnya adalah akses keluar masuk kabin. Keduanya memang sudah menggunakan Smart Entry, hanya saja pada Honda Accord lebih unggul karena memiliki fitur tambahan seperti Remote Engine Start dan Walk Away Lock.

>>> Cintamobil TV: Komparasi Toyota Camry Hybrid vs Mercedes-Benz C180 Avantgarde

Interior dan Entertainment Honda Accord vs Toyota Camry

Baik Honda Accord maupun Toyota Camry, keduanya menawarkan kenyamanan dan kemewahan di dalam kabin. Semuanya dilengkapi dengan jok depan yang sudah menggunakan pengaturan elektrik dan dibalut dengan leather, serta memory seat pada jok pengemudi untuk Honda Accord.

Honda Accord 2019

Honda Accord menggunakan head unit berukuran 8 inch

Untuk sistem audio, Toyota Camry hadir dengan head unit 9 inci AVX, sedangkan Honda Accord memiliki head unit 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Keduanya memudahkan pengemudi untuk mengisi baterai smartphone dengan kehadiran wireless charging dan USB Port. Kualitas suara Honda Accord sedikit lebih unggul dengan 10 speaker, yang lebih banyak 4 speaker daripada Toyota Camry.

Namun, ada fitur menarik dari Toyota Camry varian Hybrid, yakni Head Up Display. Melalui fitur ini, pengemudi bisa melihat informasi kecepatan, temperatur di luar, shift position, dan Hybrid System Indicator.

Fitur Keselamatan Toyota Camry dan Honda Accord

Sebagai mobil sedan premium, Toyota Camry dan Honda Accord memiliki fitur keselamatan standar yang terbilang lengkap, seperti Airbags, ABS, EBD, Traction Control, Stability Control, dan beberapa sensor parkir di depan, belakang, dan samping.

Namun, fitur keselamatan istimewa dimiliki oleh Honda Accord. Honda memiliki sistem Honda Sensing yang meliputi Collision Mitigation Brake System yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning. Selain itu ada Road Departure Mitigation System yang terintegrasi dengan Lane Departure Warning.

Mesin Honda Accord dan Toyota Camry

Lalu bagaimana dengan performa mesin kedua sedan ini? All New Accord memiliki mesin Forced induction 1.500 cc 4 cylinder VTEC Turbo, Drive by Wire, dan PGM-FI. Sedangkan Toyota Camry memiliki mesin lebih besar berkode 2AR-FE 4-cylinder 16 Valve DOHC Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc.

Compare Honda Accord vs Toyota Camry tidak terlalu jauh berbeda. Toyota Camry 2019 hanya menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi 234,4 Nm, sementara Honda Accord memiliki performa lebih baik, yakni mampu menghasilkan tenaga 187 hp dan torsi maksimal 260 Nm.

mesin Honda Accord 2019

Honda Accord 2019 memiliki performa lebih baik daripada Camry

Suspensi Toyota Camry memiliki kombinasi MacPherson Strut (depan) dan Double Wishbone (belakang) sehingga menghasilkan bantingan yang lebih nyaman. Sedangkan bantingan suspensi Honda Accord terasa lebih firm dan kaku berkat suspensi Macpherson Strut (depan) dan Multi-Link (belakang).

Perbedaan dari sisi performa lainnya adalah pada Honda Accord 2019 memiliki fitur Sport Mode & ECON Mode dengan dukungan ECO Assist dan pengaturan perpindahan gigi transmisi dengan mode manual lewat paddle shift. Sementara Toyota Camry hanya mengandalkan perpindahan gigi transmisi mode manual lewat tuas transmisi tanpa adanya paddle shift.

Harga Honda Accord vs Toyota Camry 

PT Honda Prospect Motor hanya memasarkan tipe All New Honda Accord yang dibanderol dengan harga Rp 749.000.000. Sementara Toyota Camry yang hadir dengan tiga varian memiliki harga mulai dari Rp 649.250.000 untuk tipe 2.5 G A/T, Rp 682.550.000 untuk tipe 2.5 V A/T, dan Rp 849.500.000 untuk tipe 2.5 L A/T Hybrid.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mesin New Accord walau lebih kecil tetap asyik untuk penggemar kecepatan. Namun, untuk Anda yang mendambakan mobil VIP yang memiliki peredaman suara baik dan kenyamanan kabin, Toyota Camry adalah pilihannya. Nah, di antara kedua mobil ini, manakah yang akan Anda pilih?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja varian Camry?
Toyota Camry memiliki 3 varian, yakni All New Camry 2.5 G A/T, All New Camry 2.5 V A/T, dan 2.5 L A/T Hybrid.
Berapa dimensi Camry vs Accord?
All New Accord memiliki dimensi panjang 4.894 mm, lebar 1.862 mm, dan tinggi 1.450 mm dengan wheelbase 2.830 mm. Sedangkan dimensi Toyota Camry memiliki panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 dengan wheelbase 2.825 mm.
Berapa harga Honda Accord?
PT Honda Prospect Motor hanya memasarkan tipe All New Honda Accord yang dibanderol dengan harga Rp 749.000.000.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top