HKS RB28 H-Response Siap Jadi Salah Satu Mesin Skyline GT-R Paling Kompetitif

24/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
HKS RB28 H-Response Siap Jadi Salah Satu Mesin Skyline GT-R Paling Kompetitif
Mesin HKS RB28 H-Response Siap jadi jantung baru untuk Nissan Skyline GT-R yang tak hanya ingin performanya melonjak drastis, namun juga terukur dengan presisi

Nama besar Nissan Skyline GT-R masih menjadi salah satu wishlist JDM sports car bagi para petrolheads. Tak heran jika harga pasaran untuk setiap generasi Nissan Skyline GT-R masih terbilang sangat tinggi. Karena itu pulalah Nissan masih tetap memproduksi sebagian besar komponen sports car bermesin 6 silinder segaris ini. Bahkan tuner in house mereka, Nismo juga memutuskan untuk kembali merilis mesin RB26DETT bawaan Skyline GT-R generasi R32, R33 dan R34 untuk keperluan kompetisi dan modifikasi.

Foto mesin HKS RB28 H-Response untuk Nissan Skyline GTR

Calon pembeli bisa memilih turbo dengan berbagai ukuran serta exhaust kit untuk dipasangkan pada mesin HKS RB28 H-Response

>>> HKS Toyota Supra Drift Car: Monster Drift Bertenaga 700 HP

Beberapa produsen aftermarket pun masih berlomba menghadirkan komponen dan aksesori untuk Skyline GT-R. Salah satunya adalah HKS yang pada ajang Tokyo Motor Show 2020 lalu memajang long block engine untuk Nissan Skyline GT-R dengan nama HKS RB28 H-Response. Penamaan “H-Response” merupakan singkatan dari “High Response” yang lebih fokus pada pengembangan mesin dengan respon seoptimal dan seefisien mungkin lewat penggunaan komponen internal mesin yang memiliki bobot lebih ringan (lightweight).

Foto cover timing belt dari mesin HKS RB28 H-Response

Setiap mesin HKS RB28 H-Response akan teresgitrasi oleh HKS untuk menentukan spesifikasi modifikasi yang diinginkan

>>> Sosok Menyeramkan Dan Siap Meneror, Inilah Asal-Usul Julukan Godzilla Pada Nissan Skyline GT-R

Sementara kode ‘RB28’ menjelaskan bahwa HKS telah memperbesar kapasitas mesin RB26DETT sehingga total berkapasitas 2.800 cc dengan menjejalkan Step 3 stroker kit. Paket tersebut meliputi kruk as yang telah melewati proses counter balance dengan dimensi stroke 77,7 mm untuk kemudian dipasangkan setang piston dengan konstruksi H Beam bermaterial titanium dengan panjang 22 mm. Sementara pistonnya sendiri menggunakan tipe forged dengan material alumunium billet berdiameter 87 mm. 

Foto stroker kit Step 3 pada mesin HKS RB28 H-Response

HKS juga telah mengadopsi stroker kit Step 3 yang membuat kapasitasnya meningkat menjadi 2.800 cc

>>> Komparasi Nissan X-Trail VL 2019 Atau Honda CR-V Prestige 2019? Medium SUV 7 Penumpang Berlimpah Fitur

Pada bagian blok mesin, HKS menggunakan blok milik RB26 N1 24U yang telah melewati proses reinforcement atau penguatan, namun telah di-oversized hingga 1 mm demi mengkomodir penggunaan piston dengan ukuran lebih besar. HKS juga telah memporting kepala silinder yang difabrikasi oleh mesin CNC berteknologi tinggi tersebut. Di dalamnya, terdapat kem berdurasi 264 derajat dengan lift mencapai 10 mm untuk intake dan exhaust demi mendapatkan tenaga lebih besar dengan putaran mesin lebih panjang. Pada bagian crank angle sensor juga mendapatkan ubahan dengan kemampuan membaca putaran kruk as lebih baik. Putaran mesin juga dikontrol oleh kruk as damper buatan ATI yang memungkinkan mesin dapat ‘teriak’ hingga menyetuh putaran 9.000 RPM.

Foto piston set pada mesin HKS RB28 H-Response

Piston dengan konstruksi forged dengan material alumunium billet yang kuat dan ringan untuk menyesuaikan dengan penggunaan turbo dengan boost besar

Lantaran menganut long block, mesin HKS RB28 H-Response ditawarkan belum termasuk turbo, lantaran akan sangat tergantung dari keinginan pemilik mobil untuk mengejar besaran tenaga yang akan dihasilkan. HKS juga belum merilis harga resmi untuk lini mesin aftermarket terbarunya. Namun kabarnya tuner yang bermarkas di Fujinomiya, prefektur Shizuoka, Jepang tersebut juga akan merilis lini mesin VR38DETT terbaru yang telah di-stroke up kapasitasnya hingga mencapai 4.300 cc untuk Nissan GT-R R35 dengan keperluan kompetisi juga harian.

>>> Klik di sini untuk berita otomotif terkini lainnya

Share this post:

Berita lain

‘Carlos Ghosn Prediksikan Nissan Bangkrut dalam 2 Hingga 3 Tahun’

23/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Dalam wawancara lebih dari 10 jam sebelum meninggalkan Jepang, Carlos Ghosn memprediksikan Nissan Motor Co. akan bangkrut dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Lihat juga

Nissan Z Generasi Terbaru Akan Memiliki Tenaga 400 HP

22/01/2020

Mobil baru

3 menit

Nissan Z generasi terbaru akan tiba, hal ini diperkuat dengan beberapa rumor yang beredar belakangan ini. Beberapa di antaranya adalah desain mobil yang terinspirasi 240Z dan penggunaan mesin V6 twin-turbo bertenaga 400 HP.

Lihat juga

Nissan Bantah Keluar dari Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi

15/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Nissan buka suara mengenai isu perpecahan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Dalam pernyataan resminya, pihak Nissan membantah menarik diri dari aliansi.

Lihat juga

Nissan Hadirkan Layanan Servis dan Diskon untuk Mobil Terendam Banjir

14/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Untuk memperingan korban banjir, Nissan hadirkan layanan servis dan diskon untuk pemilik mobil terendam banjir dengan potongan harga komponen dan jasa

Lihat juga

CES 2020: Nissan Kenalkan Teknologi Baru e-4ORCE, Bikin Mobil Listrik Serasa Mobil Sport Premium

09/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Di ajang CES 2020 Nissan memperkenalkan teknologi baru e-4ORCE, teknologi all wheel control twin motor yang akan bikin mobil listrik serasa mobil sport premium.

Lihat juga
 
back to top