Hingga Akhir 2020, 106 Pertashop Beroperasi di Jateng dan DIY

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) sukses mengoperasikan 106 outlet Pertashop di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta hingga penutupan tahun 2020.

Upaya pemerataan energi hingga pelosok pedesaan dijalankan Pertamina melalui program Pertashop alias Pertamina Shop. Yaitu outlet pengisian bahan bakar (BBM) berskala lebih kecil dari SPBU serta dengan harga sama seperti di SPBU. Program ini beroperasi di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

106 Pertashop beroperasi

(Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Kevin Kurnia Gumilang menuturkan, hingga akhir 2020 sebanyak 106 outlet Pertashop berdiri dan telah beroperasi di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Sebanyak 100 unit Pertashop telah hadir di Jawa Tengah dan 6 unit di DI Yogyakarta,” ujar Kevin, seperti dirilis Pertamina, (31/12/2020).

Kevin memastikan bahwa ke-106 Pertashop yang tersebar 28 Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dan DIY tersebut memenuhi segala yang disyaratkan, meliputi legalitas dan aspek keselamatan kerja atau Health, Safety, Security, Environment (HSSE).

>>> Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

Foto menunjukkan petugas Pertashop sedang mengisikan BBM ke sepeda motor

Pertashop hanya menjual Pertamax

Meningkatkan perekonomian

Adanya Pertashop memberi dampak positif bagi masyarakat. Terutama yang tinggal jauh dari jangkauan SPBU. Mereka bisa mengisi BBM dengan mudah dan ‘murah’ tanpa harus ke SPBU atau membeli BBM eceran yang harganya kadang terlalu mahal. BBM yang didapat juga berkualitas karena yang dijual hanya Pertamax RON 92.

“Ini merupakan komitmen Pertamina dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami berharap jumlah Pertashop akan semakin bertambah, utamanya di desa-desa yang belum terjangkau SPBU,” tambah Kevin.

Manfaat lainnya Pertashop yaitu peluang mendapatkan penghasilan tambahan. Pertamina membuka peluang kemitraan Pertashop kepada para pengusaha yang berminat untuk berinvestasi. Tinggal melakukan registrasi secara online serta melampirkan syarat yang diperlukan. Pertamina akan melakukan verifikasi. Jika lolos permohonan bisa dilanjutkan. Jika tidak, pemohon bisa mengulangi lagi permohonannya dengan merevisi syarat yang belum terpenuhi.

Ada 3 paket pilihan investasi yaitu Gold, Platinum, dan Diamond. Sedangkan untuk dengan biaya investasi terendah yaitu Rp 250 juta.

  • Gold, minimal lahan 210 meter persegi dengan rekomendasi kapasitas penyaluran BBM sebesar 400 liter per hari.
  • Platinum, minimal lahan 300 meter persegi dengan rekomendasi kapasitas penyaluran BBM sebesar 1.000 liter per hari.
  • Diamond minimal lahan 500 meter persegi dengan rekomendasi kapasitas penyaluran BBM 3.000 liter per hari.

>>> Tambah Lagi Pertashop di Magelang, Dekat Candi Borobudur

Foto menunjukkan Pertamina Siaga dan Pertashop di salah satu rest area Tol Trans Jawa

Pertamina hadir di Tol Trans Jawa mendukung kelancaran lalu lintas saat libur akhir tahun 2020

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top