Hindari Masalah, Suzuki Hilangkan Balloon Payment Dalam Tawaran Paket Kredit

17/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Hindari Masalah, Suzuki Hilangkan Balloon Payment Dalam Tawaran Paket Kredit
Salah satu cara membeli mobil baru yang cukup populer adalah kredit. Cara ini memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Bagi pembeli tidak perlu menyediakan uang tunai dalam jumlah besar dan membayarkannya secara lunas seketika. Bagi penjual bisa mendongkrak penjualan dan memberikan keuntungan lebih dengan adanya selisih antara pembelian secara tunai dan kredit. Salah satu skema kredit yang sering ditawarkan adalah Balloon Payment

Dengan skema Balloon Payment pembeli hanya membayarkan beberapa persen cicilan sampai akhir tenor kredit. Sedangkan sisanya dilunasi bersamaan dengan akhir masa tenor.

Ilustrasi kredit dengan skema Balloon Payment

Cicilan kredit dengan skema Balloon Payment terasa ringan, namun pelunasannya sangat memberatkan bagi sebagian orang

Skema Balloon Payment memang menguntungkan. Meski demikian, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memilih tidak menyertakan paket ini dalam paket kredit All New Ertiga. Alasannya, Balloon Payment rentan terhadap risiko kemacetan, dan berpotensi memberatkan konsumen di akhir masa kredit.

Deputy Managing Director SIS, Setiawan Surya menyarankan konsumen lebih baik mengambil paket kredit biasa jika ingin membeli All New Ertiga, yaitu dengan cicilan yang lebih kurang sama setiap bulannya dari pada Balloon Payment. Dari awal nampak terasa ringan, tapi saat akhir tenor harus membayarkan sisa kredit yang nilainya masih terbilang sangat besar.

>>> Tertarik beli mobil Suzuki yang lain, kunjungi saja kesini untuk mendapatkan harga istimewa!

Gambar All New Ertiga, model baru yang diluncurkan di IIMS 2018

Untuk pembelian All New Ertiga, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menyertakan paket kredit dengan skema Balloon Payment

Terlebih bila dikaitkan dengan nilai jual kendaraan yang biasanya sudah turun tajam dari harga barunya bisa membuat perasaan yang tidak-tidak. Merasa ditipu, dibohongi dan lain sebagainya.

“Memang kami di Suzuki menghindari sebetulnya balloon payment, karena kalau dihitung biaya. terlihat ringan di awal, tetapi ternyata sisa hutangnya masih besar, jadi misalnya dia harus memperpanjang lagi,” tutur Surya.

Jadi, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, SIS memilih tidak menyertakan skema Balloon Payment untuk mendongkrak penjualan All New Ertiga. 

>>> Dreza Distop, Suzuki Siapkan Varian Termahal All New Ertiga​

Dealer Suzuki Kota Ende - Nusa Tenggara Timur

Dealer Suzuki jadi tulang punggung penjualan model terbaru, All New Ertiga dan model Suzuki lainnya di seluruh Indonesia

Apakah Balloon Payment benar-benar ditutup?

Tentu tidak. Pembeli masih bisa mengambil skema Balloon Payment ini untuk mendapatkan All New Ertiga. Tapi tidak dengan SIS alias langsung ke leasing, bicara antar individu. Artinya, keputusan pembeli mengambil kredit dengan skema Balloon Payment tidak ada kaitannya dengan SIS karena memang ada dalam paket kredit yang ditawarkan.

“Kalau ditanya bisa apa enggak ya bisa. Ini istilahnya di luar paketan kredit tinggal bicara dengan leasing. Tapi bukan paket, lebih individu,” tambah Surya.

Sebenarnya masih ada cara lain agar kredit tidak memberatkan di akhir tenor, yaitu memperpanjang cicilan sehingga lebih rendah, membayar setoran double kalau ada lebihan rejeki, atau trade-in mobil lama dengan mobil baru sehingga besaran cicilan bisa lebih rendah. 

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Share this post:
 
back to top