Hati-hati Berkendara, Ada Perbaikan di Dua Jalan Tol Ini!

07/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Anda yang berkendara via jalan Tol Jagorawi atau Tol Jakarta-Cikampek sebaiknya berhati-hati, saat ini sedang berlangsung perbaikan jalan di kedua tol tersebut.

Perbaikan tengah dilakukan PT Jasa Marga untuk dua jalan tol akses Ibu Kota agar tetap sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM). Keduanya yaitu Tol Jagorawi yang dikelola Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) dan Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT).

Lokasi perbaikan

Di Tol Jagorawi pekerjaan dilakukan berupa rekonstruksi perkerasan. Lokasinya di dekat Gerbang Tol Ciawi Km 44+500 arah Jakarta, tepatnya pada lajur 1 akses masuk menuju Jembatan Timbang kendaraan berat.

Untuk waktu pekerjaan sudah dimulai sejak 6 Agustus dan akan berlangsung hingga 13 Agustus 2021 pukul 05.00 WIB.

Gambar Lokasi perbaikan jalan Tol Jagorawi

Lokasi perbaikan dekat GT Ciawi

Mengingat lajur tersebut ditutup, dilakukan pengaturan lalu lintas secara situasional. Salah satu gardu transaksi untuk kendaraan yang mengarah dari Jakarta ke Ciawi digunakan untuk kendaraan yang mengarah sebaliknya.

"Jasa Marga melakukan pengaturan lalu lintas di GT Ciawi 1 secara situasional, dengan melakukan perubahan lajur transaksi pada salah satu gardu (gardu 2) GT Ciawi 1," kata Tri Wahyu Subekti, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagaimana diunggah di Instagram @jasamargametropolitan, (7/8/2021).

>>> Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik

Untuk Tol Jakarta Cikampek, pekerjaan perbaikan dilakukan berupa rekonstruksi rigid pavement. Lokasinya di Km 36+222 dan Km 24+325 dengan rincian waktu sebagai berikut:

  • Di Km 36+222 arah Cikampek dilaksanakan mulai Sabtu (07/8/2021) pukul 20.00 WIB sampai dengan Jumat (13/8/2021) pukul 20.00 WIB.
  • Di Km 24+325 arah Jakarta dilaksanakan mulai Senin (09/8/2021) pukul 09.00 WIB sampai dengan Sabtu (14/8/2021) pukul 24.00 WIB.

Gambar pemberitahuan Lokasi perbaikan jalan Jakarta-Cikampek

Lokasi perbaikan Tol Japek

JTT menuturkan, tidak ada penutupan jalan selama pekerjaan berlangsung karena lajur lain masih cukup lebar untuk dilewati dan lokasi pekerjaan di lajur 1 juga dipersempit. Meski demikian dihimbau kepada pengendara untuk tetap berhati-hati saat melintas di lokasi pekerjaan.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan arah Cikampek masih beroperasi dan dapat dilalui secara normal,” jelas General Manager Representative Office 1 JTT RD, Muhammad Taufik Akbar sebagaimana diunggah di Instagram @official.jasamargatransjawatol, (7/8/2021).

Pemeliharaan jalan

Perbaikan jalan merupakan bagian dari pemeliharaan yang wajib dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar tetap memenuhi standar.

Dalam Peraturan Menteri PU No. 392/PRT/M/2005 disebutkan pelaksanaan penyelenggaraan jalan tol harus memenuhi 6 unsur Standar Pelayanan Minimal. Salah satunya kondisi jalan harus memperhatikan 3 indikator penting, yaitu Kekesatan, Ketidakrataan, dan Tidak ada Lubang.

>>> Mengenal Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol

Foto Perbaikan jalan Tol jagorawi dekat GT Ciawi

Pemeliharaan wajib dilakukan agar kondisi jalan selalu memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM)

>>> Cari mobil plat nomor Jakarta, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top