Hati-Hati, Sampai 10 Maret Ada Rekonstruksi Jalan di SS Cikunir

07/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Anda yang ingin mengakses Tol Japek sebaiknya berhati-hati, hingga 10 Maret mendatang sedang ada pekerjaan rekonstruksi jalan di Simpang Susun Cikunir.

PT Jasa Marga (Persero) sedang melakukan pemeliharaan di Tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di Simpang Susun Cikunir. Pekerjaan berupa rekonstruksi jalan rigid pavement guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendara, serta menjaga kualitas jalan agar tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Waktu pekerjaan

Lokasi rekonstruksi jalan berada di On Ramp Cakung SS Cikunir lajur 1 dari arah Cakung menuju Cikampek, dengan total panjang 234,5 meter. Sedangkan waktu pekerjaan dilakukan selama 5 hari, mulai Sabtu (6/3/2021) pukul 10.00 WIB hingga Rabu (10/3.2021) pukul 14.00 WIB.

>>> Mengenal Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol

Gambar Lokasi rekonstruksi jalan di SS Cikunir Tol Japek

Ada rekonstruksi jalan di Tol Japek

Pengaturan lalu lintas

Mengantisipasi potensi kepadatan yang mungkin timbul akibat pekerjaan tersebut serta memastikan lalu lintas tetap lancar, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) selaku penanggung jawab pekerjaan melakukan sejumlah langkah mitigasi. Diantaranya mempersempit area kerja pada lajur 1, mengalihkan arus lalu lintas sebelum area kerja melalui sodetan di dekat lokasi SS Cikunir (sekitar 100 meter dari lokasi pekerjaan), dan memberlakukan sistem buka tutup secara situasional, memasang sejumlah rambu-rambu, dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Kepada para pengendara Jasa Marga menyampaikan informasi pekerjaan rekonstruksi jalan ini melalui beragam media, seperti banner himbauan, Variable Message Sign (VMS) di ruas jalan Tol Japek baik dari arah Cikampek menuju Jakarta atau sebaliknya dari Jakarta arah Cikampek.

Pengendara yang ingin melewati jalan tol dihimbau untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi dan kondisi sebelum memasuki jalan tol. Juga dihimbau untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan.

>>> Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Cikunir 2

Gerbang Tol Cikunir 2, salah satu akses jalan tol Japek

Sebagai tambahan perlu dipahami, pekerjaan pemeliharaan seperti rekonstruksi jalan di atas adalah hal biasa. Hal itu menjadi bagian dari kewajiban yang harus dipenuhi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Aturannya sangat jelas, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) No, 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol Pasal 53 yang berbunyi: (1) Pemeliharaan jalan tol meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan peningkatan. (2) Badan Usaha wajib memelihara jalan tol dan jalan penghubung.

Adapun syarat utama dari pemeliharaan yaitu harus sesuai teknis yang telah ditentukan. Kemudian pelaksanaannya tidak boleh merugikan pengguna jalan, dan tidak menimbulkan gangguan [secara signifikan] terhadap kelancaran lalu lintas.

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top