Hati-hati, Hingga 21 April Ada Perbaikan Tol Bandara Soetta KM 27+

18/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Ada potensi kepadatan Tol Bandara Soetta karena sedang dilakukan perbaikan. Pengendara dimohon berhati-hati dan mempersiapkan diri sejak sebelum perjalanan.

Perbaikan sedang dilakukan PT Jasa Marga untuk akses utama menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tol Dr. Sedyatmo. Hal itu untuk menjaga kondisi jalan tetap berkualitas, memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendara. Pekerjaan dilakukan PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) selaku pengelola bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) sebagai penyedia jasa pemeliharaan jalan tol.

Lokasi dan waktu

Dalam keterangan resminya, (17/4/2021) disebutkan lokasi pekerjaan berada di KM 27+050 (Elevated) Arah Bandara. Adapun waktu pekerjaan dimulai pada Jumat (16/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021). Semua jalur dapat dilintasi (open traffic) setelah selesai seluruh pekerjaan pada Rabu (21/4) pukul 05.00 WIB.

Jasa Marga bakal menutup sementara bahu luar dan lajur 1 elevated sepanjang 100 m selama pekerjaan berlangsung hingga pekerjaan selesai, sedangkan lajur lainnya dapat digunakan sebagai jalur lalu lintas. Selain itu, pada saat pekerjaan pengecoran, lalu lintas di jalur elevated bakal dilakukan pengalihan sementara selama 3 jam yaitu pada hari Selasa, (20/4/2021) pukul 02.00 - 05.00 WIB.

>>> Wajib Tahu, Ini Tarif Layanan Derek Jalan Tol Jasa Marga

Foto Kepadatan jalan Tol Bandara Soetta

Pemandarangan Jalan Tol Bandara Soetta saat padat

Pengaturan lalu lintas

Mengantisipasi kepadatan yang mungkin terjadi di sekitar lokasi pekerjaan JMT dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) bersama pihak Kepolisian Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Jaya V akan melakukan pengalihan lalu lintas.

Pengendara dari arah Kapuk dan Kamal menuju Bandara yang menggunakan jalur elevated, akan dialihkan ke jalur bawah, tepatnya mulai Km 26+000 arah Bandara.
Jika sudah dialihkan dan masih terjadi kepadatan, Jasa Marga mempersiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow dari KM 21+600 sampai dengan KM 29+600

Untuk keamanan dan keselamatan petugas di sekitar lokasi pekerjaan, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama JMTM dan JMTO telah memasang sejumlah rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar yang berlaku.

Tol Dr. Sedyatmo merupakan salah satu akses utama menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sehingga juga populer disebut sebagai Tol Bandara Soetta. Tol sepanjang 12 Km ini sudah lama digunakan, yaitu sejak 1985. Selain terkoneksi langsung dengan bandara di ujung barat juga tersambung dengan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2. Sedangkan di ujung timur tersambung dengan Tol Lingkar Dalam Jakarta.

Adapun pemeliharaan yang dilakukan Jasa Marga merupakan kewajiban yang rutin dijalankan. PT Jasa Marga adalah pengelola Tol Dr. Sedyatmo atau Tol Bandara Soetta sehingga segala pemeliharaan menjadi tanggung jawabnya.

>>> Mengenal Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol

Foto menunjukkan Jalan Tol Dr. Sedyatmo

Tol Dr. Sedyatmo, salah satu akses utama menuju Bandara Soekarno-Hatta

>>> Sering Ada Perbaikan Jalan Tol, Ini Sebab dan Tujuannya!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top