Hasil Studi: Lockdown dan Menurunnya Lalu Lintas Tak Bikin Polusi Udara Berkurang

12/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hasil Studi: Lockdown dan Menurunnya Lalu Lintas Tak Bikin Polusi Udara Berkurang
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan penurunan jumlah kendaraan akibat lockdown tak membuat polusi udara berkurang signifikan.

Lalu lintas di jalan raya disebut-sebut memiliki pengaruh signifikan terhadap polusi yang ada. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa menurunnya lalu lintas tidak membuat polusi udara berkurang. Penelitian ini terungkap setelah lockdown yang mengakibatkan hingga berkurangnya 65% lalu lintas di Skotlandia.

Polusi masih terjadi

Pandemi COVID-19 yang menyerang seluruh dunia mengakibatkan sebagian besar negara melakukan lockdown, tak terkecuali Skotlandia. Ketika lockdown, terjadi pengurangan hingga 65% dari jumlah kendaraan yang biasanya menghiasi jalanan. Tapi setelah dilakukan penelitian, tidak ditemukan peningkatan kualitas udara yang signifikan.

polusi udara di jalan dengan mobil yang banyak
Lockdown tak mampu membuat polusi udara berkurang

>>> Dipercepat, Inggris Stop Penjualan Mobil Bensin dan Diesel Mulai 2032

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute for Social Marketing and Health dari Universitas Stirling menganalisa tingkat polusi partikulat halus, yang sering disebut sebagai PM2.5. Komponen ini dianggap oleh para ilmuwan sebagai jenis polusi udara dengan dampak terbesar pada kesehatan manusia.

Dilansir dari Auto Express, data diambil dari 70 stasiun pemantauan pinggir jalan di seputar Skotlandia mulai dari 24 Maret 2020, sehari setelah penguncian diberlakukan di Inggris, hingga 23 April 2020. Hasilnya lalu dibandingkan dengan data dari periode yang sama 31 hari pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Di seluruh Skotlandia, konsentrasi rata-rata geometris PM2.5 adalah 6,6 mikrogram per meter kubik udara pada periode 2020. Secara umum, tidak ada perbedaan berarti dengan konsentrasi 6,7 dan 7,4 yang terjadi pada tahun 2017 dan 2018. Meskipun terdapat perbedaan besar dalam jumlah mobil di jalanan.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas hanya di sini

jalanan di Skotlandia tanpa mobil dan motor
Skotlandia mengalami penurunan jumlah kendaraan ketika terjadi lockdown

Sedangkan pada tahun 2019, level PM2,5 secara signifikan lebih tinggi dan mencapai 12,8. Namun para peneliti mengatakan hasil ini tidak bisa dijadikan patokan karena terkait dengan peristiwa meteorologi yang menyebabkan debu pertikulat halus dari gurun Sahara mempengaruhi kualitas udara di Inggris dan Skotlandia.

>>> Pandemi Corona Usai, Seharusnya Langit Jakarta Bebas Polusi

Masalah polusi masih sama

Di lain pihak, penelitian tersebut mencatat terjadi penurunan tingkat nitrogen dioksida. Walaupun paparan udara yang berbahaya berpotensi meningkat selama lockdown. Masalah ini terjadi karena orang-ornng banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, dimana asap rokok dan asap masak lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

memasak sayur dengan kuali dan berasap
Lockdown membuat lebih banyak orang memasak di dalam rumah

“Diasumsikan bahwa lebih sedikit mobil di jalan raya mungkin menyebabkan penurunan tingkat polusi udara di luar ruangan dan, pada gilirannya, mengurangi jumlah kasus kesehatan yang buruk yang terkait dengan polusi ini,” jelas Dr Ruaraidh Dobson yang memimpin penelitian. Ia mengungkapkan penemuan ini berbeda dengan hasil yang didapatkan di Wuhan, China, dan Milan, Italia. 

“Ini menunjukkan bahwa kendaraan bukanlah penyebab penting dari jenis polusi udara berkurang di Skotlandia, dan orang-orang mungkin memiliki risiko lebih besar dari kualitas udara yang buruk di rumah mereka sendiri, terutama di mana memasak dan merokok dilakukan di tempat yang tertutup dan ventilasi ruang yang buruk,” tutupnya.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif paling lengkap hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Nissan Pamer Kemampuan Kendaraan Listrik Melawan Polusi

26/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Sering dikampanyekan kalau kendaraan listrik menjadi solusi dalam mengatasi masalah polusi. Tapi bagaimana kendaraan listrik bisa melakukannya? Simak penjelasan Nissan berikut!

Lihat juga

Pandemi Corona Usai, Seharusnya Langit Jakarta Bebas Polusi

14/04/2020

Pasar mobil

5 menit

Mimpi Jakarta bebas polusi sebaiknya janagn cuma jadi kenyataan saat pandemi virus corona melanda. Pasca pandemi ini diharapkan kualitas udara di Jakarta juga tetap baik.

Lihat juga

Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus corona merenggut banyak korban jiwa di Tiongkok. Tetapi kabar baiknya virus ini berhasil membuat udara di Tiongkok jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Lihat juga

Dilarang Jalan, Benarkah Mobil Diatas 10 Tahun Menghasilkan Polusi Lebih Banyak?

13/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Kota DKI Jakarta berencana untuk membatasi usia mobil yang melaju di jalan protokol. Pembatasan usia kendaraan roda empat yang berumur lebih dari 10 tahun ini dilakukan untuk menekan emisi dari kendaraan yang menjadi polusi. Tapi, benarkah mobil diatas 10 tahun berdampak buruk pada emisi?

Lihat juga

Kota Ini Punya Cara Unik Mengurangi Polusi Udara: Melarang Drive-Through

17/08/2019

Pasar mobil

2 menit

Masalah polusi udara tidak hanya terjadi di Indonesia. Untuk mengurangi polusi udara, pemerintah Minnesota berencana untuk melarang restoran cepat saji menyediakan layanan drive through. Pelarangan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang pemerintah kota untuk jalanan yang lebih baik.

Lihat juga