Hasil F1 GP Spanyol: Lewis Hamilton Menang Dramatis atas Verstappen

10/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Lewis Hamilton berhasil memenangi lomba usai terlibat balapan sengit dengan Verstappen. Hasil ini memperkokoh posisi Hamilton di puncak klasemen GP 2021.

Pembalap tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, berhasil keluar sebagai pemenang dalam balapan F1 GP Spanyol, di Sirkuit Catalunya, Minggu (9/5). Hamilton unggul atas rival terdekatnya Max Verstappen dari tim Red Bull Racing. Hasil ini kian memperkokoh posisi Hamilton di puncak klasemen pembalap F1 2021 dengan 94 poin.

Jalannya Balapan

Hamilton memulai start dari posisi pertama saat balapan F1 GP Spanyol. Max Verstappen dan rekan Hamilton di Mercedes AMG Petronas Valtteri Bottas mengekor di posisi dua dan tiga. Meski memulai balapan dari posisi kedua, Verstappen berhasil memaksa Hamilton melebar hingga posisi pertama berhasil diambil alih dari pembalap asal Inggris tersebut. Di sisi lain, Charles Leclerc dari tim Ferrari berhasil melewati Bottas dan berada di posisi ketiga.

Posisi ini masih bertahan di lap ke-12. Verstappen masih berada terdepan disusul Lewis Hamilton di posisi kedua. Nasib nahas justru dialami Yuki Tsunoda dari tim Alpha Tauri. Mobilnya mengalami insiden di lap ke-8 dan memaksa safety car keluar. Yuki pun pada akhirnya tidak bisa mengakhiri balapan dengan melewati garis finish. 

>>> Shell V-Power Nitro+ Dirilis, Bahan Bakar Euro IV untuk Performa Tinggi

Max Verstappen sempat mendominasi balapan GP Spanyol

Max verstappen sempat mendominasi balapan f1 gp spanyol sebelum berhasil ditikung lewis hamilton

Jalannya balapan kian mengerucut ke duel sengit antara Versteppen dan Hamilton. Keduanya melaju cepat meninggalkan pembalap lainnya. Perubahan posisi terjadi ketika di lap ke-29 Verstappen masuk ke pit pertama. Memakan waktu 4,2 detik, pembalap asal Belanda itu sempat tercecer ke posisi lima dan posisi pertama berhasil direbut oleh Hamilton. 

Di lap ke-29 giliran pembalap asal Inggris tersebut yang masuk ke pit dan memakan waktu 2,7 detik. Posisinya langsung direbut kembali oleh Verstappen. Hamilton terus menempel ketat Verstappen dengan jarak kurang dari satu detik. Di belakangnya ada Leclerc dengan selisih waktu tujuh detik. Posisi keempat dengan selisih 14 detik dari Leclerc ditempati oleh Bottas. 

Lap ke-42, Hamilton kembali masuk pit dan memberinya ban medium lain. Ini yang kemudian menjadi salah satu kunci kemenangan Hamilton. Posisi Hamilton kemudian tersusul oleh rekan setimnya, Bottas. Namun di lap ke-53 giliran Bottas yang masuk pit, Hamilton dengan segera merebut kembali posisi kedua dan menempel Verstappen dengan selisih kurang dari 9 detik. Di sisi lain, Verstappen belum masuk pit kedua.

>>> Akhiri Drama, Lewis Hamilton Bertahan di Mercedes-AMG

Posisi Verstappen kian terancam di lap ke-56 atau 10 lap jelang finis. Ia hanya berjarak 4,4 detik dari Hamilton. Titik balik akhirnya terjadi di lap ke-60. Hamilton berhasil melewati Verstappen di tikungan 1. Juara dunia tujuh kali ini kemudian berhasil mengamankan posisinya dengan jarak 2 detik di depan Verstappen. Lewis Hamilton kian jauh meninggalkan rivalnya tersebut saat Verstappen ditarik masuk pit kedua. 

Max Verstappen dan Lewis Hamilton

Max verstappen (kiri) dan lewis hamilton (kanan)

Hamilton pun berhasil mengakhiri balapan di posisi pertama. Unggul atas Verstappen di posisi kedua dengan selisih 25 detik.

Hasil lengkap F1 GP Spanyol 2021:

  1. Hamilton
  2. Verstappen
  3. Bottas
  4. Leclerc
  5. Perez
  6. Ricciardo
  7. Sainz
  8. Norris
  9. Ocon
  10. Gasly
  11. Stroll
  12. Raikkonen
  13. Vettel
  14. Russell
  15. Giovinazzi
  16. Latifi 
  17. Alonso
  18. Schumacher
  19. Mazepin

>>> Lewis Hamilton Minta Haters Stop 'Ganggu' Bottas di Formula 1 2021

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top