Hari Pertama Perpanjangan PPKM Darurat, Banyak Jalanan Macet

21/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Banyak pengendara tidak tahu hari ini hari pertama perpanjangan PPKM Darurat, mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan, khususnya di titik penyekatan.

Kemacetan dan penumpukan kendaraan terjadi di sejumlah titik penyekatan di hari pertama perpanjangan PPKM Darurat. Seperti titik penyekatan Kecamatan Pasar Rebo, perbatasan Jakarta Timur dengan Kota Depok.

Kendaraan harus mengantre menjalani pemeriksaan dokumen perjalanan, khususnya Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Bagi pengendara yang memiliki kelengkapan diizinkan untuk melintas. Sementara yang tidak punya terpaksa diputarbalikkan.

Di tempat lain, seperti pos penyekatan Pesing, Jakarta Barat, kemacetan juga terjadi. Pengendara motor secara beramai-ramai membunyikan klakson hingga menimbulkan kegaduhan. Petugas terpaksa mempercepat pemeriksaan STRP agar kemacetan tidak semakin mengular. Sama dengan di tempat lain, pengendara yang tidak bisa menunjukkan STRP juga terpaksa diputarbalikkan dan tidak bisa meneruskan perjalanan.

>>> PPKM Darurat Diperpanjang, Penyekatan Masih Berlaku

Banyak pengendara tidak tahu

Kebanyakan para pengendara yang tidak melengkapi diri dengan STRP karena mereka tidak tahu jika PPKM Darurat diperpanjang. Tahunya PPKM selesai tanggal 20 Juli, lalu pos penyekatan dibuka secara bebas.

Foto suasana pemeriksaan kendaraan di salah satu titik penyekatan PPKM Darurat

Banyak pengendara tidak tahu jika PPKM Darurat diperpanjang

Di Surabaya, Jawa Timur, kepadatan tidak terlihat di Bundaran Waru yang merupakan akses utama menuju kota. Tapi justru terjadi di jalan-jalan alternatif menuju kota atau jalan tikus, seperti Jalan Dukuh Menanggal. Kendaraan khususnya mobil harus bergantian melintas. Sedangkan sepeda motor melintas beriringan karena cukup padat.

Di Semarang, Jawa Tengah, tidak terpantau adanya kemacetan. Hanya ada peningkatan volume kendaraan, namun tidak sampai terjadi macet parah. Akses ke kota via jalan tol juga masih ditutup, sebagian lagi berlaku buka tutup dengan pemeriksaan cukup ketat.

Perpanjangan PPKM Darurat

Sebagaimana diketahui Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19. Harapannya tren kasus benar-benar turun sehingga pembatasan bisa segera diakhiri.

“Jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” kata Presiden dalam pernyataan pers yang disiarkan melalui akun Youtube Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa malam (20/7/2021).

Terkait perpanjangan PPKM tersebut, penyekatan jalan tetap berlanjut. Aturan yang berkaitan juga masih berlaku, seperti menunjukkan STRP untuk pekerja sektor formal, membawa kartu vaksin minimal dosis pertama bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan jauh, dan/atau membawa surat keterangan negatif Covid-19.

>>> Contoh Surat Jalan STRP untuk Keluar Masuk Jakarta

Foto salah satu kepadatan lalu lintas karena PPKM darurat

Pengendara yang tidak memenuhi persyaratan dan kriteria bakal diputar balikkan di titik penyekatan

>>> PPKM Darurat Ganti Nama Jadi PPKM Level 4, Apa Bedanya?

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top