Harga Xpander Cross-Xpander Bakal Turun karena Diskon PPnBM

17/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Harga Xpander Cross dan juga Xpander bisa saja turun dengan adanya kebijakan relaksasi PPnBM pemerintah. Keduanya memenuhi persyaratan dari kebijakan tersebut.

Sederet model mobil akan merasakan dampak dari adanya kebijakan insentif fiskal yang dirilis pemerintah berupa relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk Kendaraan Bermotor. Nantinya, kebijakan tersebut akan berlaku hingga 9 bulan ke depan. Dampak yang utama tentu adanya penurunan harga. 

Adapun mobil-mobil yang bisa mendapatkan relaksasi pajak harus memenuhi persyaratan yakni berada di segmen ≤ 1.500 cc kategori sedan dan 4x2.

>>> Gambaran Harga Mobil Baru yang Dapat Relaksasi PPnBM

Harga Xpander Cross-Xpander Turun Berapa?

Gambar menunjukkan tampilan depan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Xpander Cross

Di samping itu, mobil harus memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70 persen. Kebijakan ini disambut positif para pabrikan karena dipercaya bisa kembali menggairahkan penjualan. 

Mitsubishi salah satunya. Pabrikan berlogo tiga berlian itu mengatakan ada dua produknya yang bisa mendapatkan insentif diskon pajak tersebut. Adalah Mitsubishi Xpander Cross dan juga Xpander. Tentunya harga Xpander Cross maupun Xpander bisa turun meski enggan menyebutkan secara pasti besar penurunannya. 

Gambar menunjukkan tampilan belakang frontal Mitsubishi Xpander Cross 2019

Mitsubishi masih menunggu ketentuan resmi soal relaksasi PPnBM

"Sejauh ini yang kita dan semua tahu dari press rilis dari Kemenko Perekonomian, peraturan ini berlaku untuk 1.500 cc ke bawah dan lokal konten 20 persen, model kami ada Xpander dan Xpander Cross yang bisa masuk," jelas Marketing Director PT MMKSI Irwan Kuncoro saat peluncuran Pajero Sport facelift secara virtual, Selasa (16/2/2021). 

Saat ini Mitsubishi Xpander dijual paling murah seharga Rp 221,4 juta. Sementara model termahalnya punya banderolan Rp 278,9 juta.

>>> Fitur Ini Bikin Mitsubishi Pajero Sport Facelift di Indonesia dan Thailand Beda

Simulasi Harga Xpander-Xpander Cross

Kalau disimulasikan mendapatkan diskon PPnBM 10 persen maka harga Xpander varian terendah yakni pada tipe GLX harganya menjadi Rp 204,495 juta. Sedangkan varian tertingginya dengan simulasi serupa bisa turun harga menjadi Rp 257,375 juta. 

Gambar menunjukkan tampilan Mitsubishi Xpander Cross 2019

Mitsubishi masih ogah ungkap besar penurunan harga pada mobilnya

Kemudian beralih ke harga Xpander Cross. Harga Xpander Cross saat ini dijual mulai Rp 276,5 juta hingga yang tertinggi Rp 299,5 juta. Maka dengan simulasi yang sama, harga Xpander Cross paling murah menjadi Rp 254,66 juta. Lalu untuk tipe tertinggi menjadi Rp 276,82 juta. 

Tapi perlu diingat perhitungan harga Xpander Cross maupun Xpander di atas merupakan simulasi. Tentunya ada perhitungan dan juga pertimbangan lain dalam penentuan harga tersebut. 

"Kami mendukung inisiatif dan kebijakan pemerintah ini untuk menggairahkan penjualan mobil di tengah pandemi. Kami masih mempelajari lebih lanjut sambil menunggu detil teknis dan ketentuannya sehingga kami bisa menerapkannya dengan tepat," tutur Irwan. 

>>> Pajero Sport Facelift Meluncur, Model Lamanya Diskon Hingga Rp 23 Juta

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top