Harga Pertalite Hari Ini, Bulan Oktober 2020

09/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Harga Pertalite Hari Ini, Bulan Oktober 2020
BBM jenis Pertalite sangat digemari kendaraan bermotor karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Dan berikut harga Pertalite hari ini, bulan Oktober 2020.

Keberadaan bahan bakar minyak (BBM) tak bisa terpisahkan dari kendaraan bermotor. Hal ini karena mayoritas yang beredar adalah kendaraan bermesin konvensional. Meski sekarang dijual beragam mobil berpenggerak listrik, seperti mobil hybrid, plug in hybrid (PHV), plug in hybrid electric vehicle (PHEV), dan mobil listrik (EV), populasi mobil ini tidak seberapa dibanding mobil berbahan bakar fosil.

Untuk BBM yang tersedia pun beragam. Namun secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu bensin untuk kendaraan bermesin bensin dan solar untuk kendaraan bermesin diesel. Pertamina sebagai salah satu penyedia dan penyalur BBM di tanah air memiliki banyak pilihan untuk kedua jenis BBM tersebut.

Untuk kendaraan bermesin bensin tersedia 5 pilihan yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, dan Pertamax Racing. Sedangkan untuk kendaraan bermesin diesel tersedia 5 pilihan yaitu Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex. Secara kualitas Pertamax Turbo, Pertamax Racing dan Pertamina Dex adalah yang terbaik. Meski demikian bahan bakar lain tak berarti buruk. Hanya saja semakin rendah oktan yang dimiliki semakin rendah pula kualitasnya.

BBM Pertalite

Foto menunjukkan Pertalite Nozzle di SPBU

BBM Pertalite lebih baik dibanding Premium

BBM jenis Pertalite jadi salah satu pilihan baru. Bahan bakar ini diluncurkan pertama kali pada 24 Juli 2015 di SPBU 31.1.02.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat. Pertalite memiliki nilai oktan (RON) 90. Berdasarkan spesifikasi dari uji lab, Pertalite tidak memiliki kandungan besi, mangan ataupun timbal. Jenis kendaraan bermotor yang cocok menggunakan Pertalite adalah kendaraan dengan kompresi mesin 9:1 sampai dengan 10:1. Artinya, hampir seluruh kendaraan di Indonesia bisa mengkonsumsi BBM jenis ini.

Harga Pertalite hari ini

Harga BBM di Indonesia telah mengalami beberapa kali penyesuaian. Namun di tahun 2020, untuk harga Pertalite baru sekali dilakukan. Yaitu mulai 5 Januari 2020 pukul 00.00 WIB waktu setempat dan berlaku hingga sekarang. So, harga Pertalite hari ini di SPBU masih sama dengan awal tahun.

Jika kemudian ada perubahan harga, hal itu lebih karena faktor lain, misalnya membeli di kios BBM eceran, atau tengah ada promo di SPBU. Seperti yang saat ini berlangsung di Denpasar Bali sejak 5 Juni 2020, di Tangerang Selatan, dan di Kabupaten Gianyar Bali harga Pertalite lebih rendah dari harga asalnya karena sedang ada Program Langit Biru.

Itu pun tidak tidak berlaku untuk semua pengguna kendaraan bermotor, melainkan hanya untuk sepeda motor, angkutan umum plat kuning, dan taksi plat kuning. Sedangkan untuk pengguna mobil pribadi, kendaraan angkutan barang plat hitam, maupun kendaraan dinas pemerintah plat merah harga Pertalite tidak didiskon.

>>> Harga Pertalite di Gianyar Turun Menjadi Rp 6.450 Per Liter

Foto menunjukkan banner Promo Pertalite Harga Premium di SPBU

Pertamina dorong masyarakat beralih dari BBM Premium ke Pertalite

Berikut daftar harga Pertalite hari ini, bulan Oktober 2020:

  • Harga Rp 7.650 per liter

Harga Pertalite Rp 7.650 per liter berlaku di Prov. Aceh, Prov. Sumatra Utara, Prov. Riau, Prov. Bengkulu, Prov. DKI Jakarta, Prov. Banten, Prov. Jawa Barat, Prov. Jawa Tengah, Prov. DI Yogyakarta, Prov. Jawa Timur, Prov. Bali, Prov. Nusa tenggara barat (NTB), dan Prov. Nusa Tenggara Timur (NTT).

  • Harga Rp 7.850 per liter

Harga pertalite Rp 7.850 per liter berlaku di Prov. Sumatra Barat, Prov. Jambi, Prov. Sumatra Selatan, Prov. Bangka Belitung, Prov. Lampung, Prov. Kalimantan Barat, Prov. Kalimantan Tengah, Prov. Kalimantan Selatan, Prov. Kalimantan Timur, Prov. Kalimantan Utara, Prov. Sulawesi Utara, Prov. Gorontalo, Prov. Sulawesi Tengah, Prov. Sulawesi Tenggara, Prov. Sulawesi Selatan, Prov. Sulawesi Barat, Prov. Maluku, Prov. Maluku Utara, Prov. Papua, dan Prov. Papua Barat.

  • Harga Rp 8.000 per liter

Harga Pertalite Rp 8.000 per liter hanya berlaku di dua wilayah, yaitu Prov. kepulauan Riau dan Kodya Batam di kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone (FTZ).

>>> Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

Gambar menunjukkan Harga Pertalite 2020

Harga Pertalite hari ini, berlaku sejak 5 Januari 2020

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

41 Unit Pertashop Berdiri di Jawa Barat, Isi BBM Makin Mudah

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Sebanyak 41 unit Pertashop resmi berdiri dan beroperasi di Jawa Barat memudahkan warga dalam mendapatkan BBM kendaraan bermotor, bright gas, serta oli pelumas.

Lihat juga

Pertamina Hadirkan BBM Satu Harga di Lampung Barat

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pertamina menghadirkan BBM Satu Harga di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil) di wilayah Kabupaten Lampung Barat dengan meresmikan 3 SPBU baru.

Lihat juga

Harga Pertalite di Gianyar Turun Menjadi Rp 6.450 Per Liter

29/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pertamina menggelar promo Program Langit Biru di Gianyar Bali dengan menurunkan harga Pertalite dari sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 6.450 per liter.

Lihat juga

Mengenal Perbedaan Bahan Bakar Pertamax dan Pertalite

10/08/2020

Pengemudian

3 menit

Pertamax dan Pertalite merupakan salah satu dari jenis BBM yang dijual oleh Pertamina. Tapi apakah Anda sudah mengetahui perbedaan Pertamax dan Pertalite?

Lihat juga

Fakta Dibalik Pertalite Harga Khusus yang Dijual Rp 6.450 per Liter

10/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Pertamina meluncurkan Program Pertalite Harga Khusus, bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan mesin bensin tersebut dijual dengan harga Rp6.450 per liter.

Lihat juga